Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Minggu, 10 Juni 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Kala senja di Ratu Boko..

Posted: 10 Jun 2012 11:12 AM PDT

OPINI | 11 June 2012 | 01:06 Dibaca: 0   Komentar: 0   Nihil

Sabtu sore, ketika mentari melirik malu dibalik awan.. dan diiringi dengan gemerisik angin sepoi khas pedesaan..aku menginjakkan kaki dan menari bersama gemercik air serta buaian hijaunya sawah yang tertawa dikejauhan..ya! aku berada di alam ratu boko, yang dikenal dengan candinya yang apik, rerumputan yang tertata rapi membalut tubuh candi, dan godaan untuk menikmati gulatan sungai di kejauhan dan goresan awan putih di langit yang menguning..

Kutapaki tangga – tangga berbatu khas batu candi, dengan rerumputan basah di tepi kiri kanannya..tampak jelas suatu pesona yang disajikan kepada pengunjung..sebuah taman rusa yang dikombinasikan dengan genangan air yang dibalut aliran – aliran artistik di pinggiran kolamnya yang dalam bahasa inggris disebut fontain..

Kulanjutkan dakian beberapa anak tangga dalam ke-terhenyakanku, kulihat pintu gerbang candi begitu gagah dan elegan menyapaku dalam senyumnya yang berbinar..tanpa ragu sedetikpun kurogoh ponselku untuk mengabadikan beberapa moment ketika candi masih bermandikan mentari..

Puas dengan kenikmatan batu – batu candi, aku menyusuri beberapa pohon rimbun dan menapaki rumput – rumput hijau, dari kejauhan aku melihat suatu lukisan yang tak pernah buatku terhanyut begitu dalam..lukisan dengan cakrawala merah dan kuning yang membelah sapuan – sapuan sawah hijau yang tertata apik…serta gemersik sungai yang tersapu lirih, sejenak kubiarkan diriku terbuai dalam nina bobok gemuruh alam..burung – burung bermain seolah saling melepas rindu..dan kulihat pesawat penumpang secara perlahan membelok menuju surya..

Tiba – tiba jauh di belakangku kudengar gesekan celurit dengan nyanyian rumput liar yang mengaung bertarung dengan "pak pencabut rumput" sebagai dalangnya..ya..lelaki dengan keriput di matanya, dan senjata celurit di tangan kanannya..bertopi putih yang menguning karena lusuh bercampur debu..yang setiap 10 menit sekali menyeka peluh yang menetes diantara kedua matanya..ya.."pak pencabut rumput" yang terlihat kelelahan dan terduduk di antara mentari yang mulai memerah .. dengan pengunjung lelaki dan perempuan yang berjalan bermesraan sembari tawa mereka terurai serta tangan yang memeluk pinggang satu sama lain..

Semua adegan tersebut seolah berhenti tatkala mentari di ufuk barat memulai pertunjukannya..pertunjukkan yang memesona semua orang dan menghentikan derap nafas dan kedipan mata untuk beberapa saat…suatu pertunjukan yang seolah mengundang semua makhluk hidup di sekitar candi untuk bernyanyi menina bobokkan mentari.. dan .. kami menikmatinya…sembari menyanyikannya ..

Hingga mentari yang manja terbuai dalam tidurnya.. dan kami tersenyum bersama rembulan dan bintang sebagai selirnya..

Ad Maiorem Dei Gloriam

Amadeus Okky Suryono


Siapa yang menilai tulisan ini?

Belajar Memotret? kenapa tidak…

Posted: 10 Jun 2012 11:12 AM PDT

Berawal dari kekaguman saya pada foto - foto hasil karya teman - teman kompasioner dalam Weekly Photo Challenge, saya menjadi ikut tertarik belajar memotret gambar. Dengan peralatan yang sederhana yakni kamera Handphone mulailah saya belajar memotret sesuatu yang menurut saya menarik.

1339347738262631890

cicak ; dok pribadi

Bermula dari teras saya dapatkan pemandangan ini, entah sedang apa cicak - cicak itu tapi sepertinya menarik juga.

13393509031062480945

candi borobudur ; dok pribadi

Foto Candi borobudur ini saya ambil sekitar satu tahun yang lalu, minimaliskah? tolong Share ya….

13393461891910829193

relief candi borobudur; dok pribadi

Ini relief candi borobudur yang saya potret, tapi terlihat ada perbedaan antara dua batu relief itu.

1339346975384368858

sampan di pulau tidung; dok pribadi

Pemandangan indah ini saya dapat ketika baru saja sampai dipulau tidung, airnya yang jernih dan sampan penduduk setempat yang berada di tepi seperti sengaja di atur seperti itu.

1339347163519203311

jembatan cinta di pulau tidung; dok pribadi

Ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil dan jembatan ini disebut dengan jembatan cinta.

1339348135109354108

menggenggam mahkota ranting ; dok pribadi

Foto ranting mahkota yang saya buat dari batang pohon saga, dan selanjutnya Foto - foto yang saya ambil disekitar rumah.

13393483121630974038

jam lama ; dok pribadi

13393484052089309718

penari bersayap ; dok pribadi

13393485591010498427

nyamuk dalam kelambu ; dok pribadi

13393488731686553480

dinding ; dok pribadi

Ditunggu share-nya ya teman - teman, untuk melihat karya - karya teman yang lain silahkan kunjungi link dibawah ini

http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/06/09/weekly-photo-challenge-minimalist-photography/

aku masih diam

Posted: 10 Jun 2012 11:12 AM PDT

Euro Cup Polandia-Ukraine 2012 :Spanyol Kaget Mendapat Perlawanan Sengit Italia

Posted: 10 Jun 2012 11:12 AM PDT

Dua kesebelasan nasional berpengalaman turun berlaga di arena pila Europa,yang menyuguhkan permainan biasa-biasa saja.Timnas Italia yang diperkuat mayoritas para pemain Juventus dibawah kordinasi  Andreas Pirlo dilapangan tengah pada babak pertama seringkali mengancam juara bertahan Spanyol yang juga di dominasi para pemain Barcelona dan Real Madrid.

Permaiaanan Timnas Spanyol sepertinya kehilangan ciri khasnya dalam menghadapi permainan Italia yang tanpa kompromi menghalau setiap serangan Timna Spanyol yang juga juara dunia tersebut,bahkan Spanyol sebaliknya justeru kelihatnnya tertekan oleh serangan Cassano,Thiago Motta dan Balotelli.Sementara itu striker Spanyol David Silva,Fabregas masih belum mampu menembus pertahanan rapat Italia .Dan babak pertama masih berbagi angka kacama kosong kosong.

Memasuki babak kedua Balotelli terlihat hanya tinggal menyointekkan bola kegawang Casillas,namun terkesan Balotelli terburu-buru sehingga sikuit bundar tidak mampu dilesakkannya dnegan baik,dan gagallah peluang Italia yanhg sudah demikian berhadapan satu lawan satu dengan Cassilias itu.Serangan silih berganti dilakukan antara dua kesebelasan tersebut,namun belum juga tercipta satu golpun.

Selanjutnya Timnas Italia berutung memperoleh kesempatan yang bisa dimamfaatkan dengan baik oleh Di Natalie pada menit ke 60 ,dan pemain Udenise itu tidak menyia-nyiakan peluangnya segera mengangkat bola diatas kepala Casilias,dan berjingkraklah superter Italia ,satu kosong bagi kemenangan Italia.Spanyol terkesima sesaaat,untuk kemudian meningkat serangannya dan pada menit ke 64 Cess Fabrigass berhasil menyamakan kedudukan 1 sama,dan Buffonpun terpaksa memungut bola dijalanya.

Menyadari itu pelatih Italia Cessary Tardelli menarik Cassano keluar dan digantikan Sebastioan Ceuovinco pada menit 65 untuk meningkatkan serngannya kegawanag Spanyol,namun demikian masih juga skor belum beerubah.J.Nvas masuk menggatikan David Silva,dan serangan Spanyol sedikit meningkat tetapi masih bisa diredam oleh Italia.

Pada babak kedua menit ke 72 Ces Fabrigass ditarik keluar dan dihgantikan oleh Fernando Torres yang segera merepotkan Buffon yang  terpaksa  keluar dari sarangnya untuk membuang si kulit bundar keluar lapangan permainan,dan selmatlah gawang Italia.Tetapi dalam seranag balik,De Natali nyaris berhasil memeperdayai Casilias.

Kemudian pada menit ke 78 Spanyol mendapat peluang yang tidak bisa dimmfaatkan dengan baik oleh Xavi karena tendangan bebasnya menyamping dari gawang Buffon,dan selamatlah gawang Italia yang dijaga oleh Buffon,salah seorang pemain Timnas Italia yang masih memeperlihat sisa-sisa kejayaannya itu.

Pemain muda Italia ,Geovinco sempat beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Spanyol yang dikordinir oleh Ramos,Pique,Alonso masih mampu menghalau serangan lincah pemain asal Parma tersebut.Fernando Tores berhasil meleati barisan pertahan Italia,tetapi belum mampu menciptakan gol karena sontekannya melewati mistar gawang Buffon yang sudah meninggalkan gawangnya untuk memeperkecil ruang tembak dan menyongsong bola.Skor tidak berubah samapai menit-menit terakhir meskipun serangan dari kedua Timnas Italia-Spanyol terus menerus mengancam gawang lawannya . Namun skor akhir tetap tidak berubah,Spayol dan Italia masing-masing mendapat satu angka di kejuaran piala Europa grup C  tersebut.

Jurnalisme Sastra ataukah Sastra Jurnalisme ??

Posted: 10 Jun 2012 11:12 AM PDT

Membaca Judul diatas tentunya agak sedikit membuat kita terpikir, apa yang akan saya tulis pada line kali ini ?.

Berbicara persoalan jurnalisme saat ini adalah berbicara bagaimana fakta dicari dan disampaikan kembali kepada publik. Perlu kita ketahui bahwa jurnalisme adalah proses pencarian fakta, dengan menggunakan metode 5W+1H yang akan disampaikan kepada khalayak.

Namun dengan perkembangannya, Jurnalisme berkembang menjadi beberapa jenis varian, salah satunya Jurnalisme Sastrawi. Jurnalisme Sastrawi merupakan proses pencarian kebenaran dengan metode-metode baru. Berbeda dengan jurnalisme konvensional yang lurus dengan menghadirkan fakta dengan 5W+1H, jurnalisme sastrawi tidak hanya menghadirkan berita dengan konsep tersebut, melainkan dengan gaya penulisan sastra agar dapat memudahkan pembacanya dan membawa pembacanya seolah-olah berdialog dengan objek yang diberitakan.

Tom Wolf, menyebutkan ada beberapa karakter dalam melakukan pemberitaan dengan menggunakan teknik jurnalisme sastra diantaranya : Pertama, pemakaian konstruksi adegan per adegan. Kedua, pencatatan dialog secara utuh. Ketiga, pemakaian sudut pandang orang ketiga. Keempat, catatan yang rinci tentang gerak tubuh, kebiasaan, dan pelbagai simbol kehidupan orang-orang yang muncul dalam peristiwa. Konstruksi adegan per adegan, sebagai contoh, menggantikan pemaparan kronologis, ataupun eksposisitoris yang lazim pada jurnalisme konvensional. Dengan teknik seperti ini, imajinasi pembaca akan menangkap sebuah gambaran peristiwa bak menonton sebuh film. Ini kombinasi kemampuan seorang wartawan sekaligus jurnalis, kata Wolfe.

Dalam adegan biasanya muncul sebuah dialog. Dialog bukan sekadar memperlihatkan percakapan, tapi juga menggambarkan sikap, dan pemikiran narasumber. Dengan begitu, wawancara bukanlah sekadar proses merekam pembicaraan sambil lalu. Ia dilakukan secara mendalam, berulang-ulang dengan pelbagai sumber untuk mendapatkan sebuah rekonstruksi pikiran dan emosi dengan tepat. Untuk itu, latar belakang narasumber perlu dipelajari. Dengan kata lain, tiap kata yang dikutip untuk dialog hendaknya bisa bermakna.

Adapun penggunaan sudut pandang ketiga bermaksud merepresentasikan pandangan mata narasumber. Dengan cara ini, pembaca seolah masuk kedalam peristiwa. Pembaca akan melihat apa yang dilihat narasumber, dan merasakan apa yang mereka rasakan.

Karakteristik terakhir adalah rincian tentang gerak, perilaku, kebiasaan, gaya, cara atau adat, pakaian, dekorasi rumah, wisata, makan, merawat rumah, bagaimana berhubungan dengan anak, dengan pembantu, teman sebaya, bawahan, pose, dan lambang-lambang lain. Semua itu menjelaskan karakter dan konteks narasumber dalam komunitas, bagaimana ia membina interaksi dengan orang lain, bagaimana kedudukannya di dalamnya, serta bagaimana ia mengungkapkan pikiran dan harapannya.

Tentu dari empat karakter diatas, timbul sebuah pertanyaan mendasar apakah jurnalisme sastra benar-benar ada ? atau penyebutannya bisa dibalik menjadi Sastra Jurnalisme. Karena tentu saja teori baru ini dapat menimbulkan pertanyaan banyak, karena pada zaman sebelum jurnalisme lahir para nabi dan rasul kita telah mengabarkan sebuah berita dalam balutan sastra yaitu kitab-kitab yang lahir pada agama dimuka bumi ini. Karena kitab-kitab tersebut juga telah menggunakan bahasa sastra yang sangat sempurna sehingga membuat pembacanya seakan-akan langsung terjun kepada zaman tersebut.

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar