Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Senin, 03 Desember 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Aku dan Anakku

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

Sebab-Akibat dan Solusi Atas Maraknya Prostitusi

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

OPINI | 04 December 2012 | 02:22 Dibaca: 20   Komentar: 0   Nihil

Dalam mengatasi pelacuran remaja ini jika ditelusuri tampaknya banyak akar-akar masalah yang perlu ditangani, salah satunya adalah kemiskinan. Dan, berbicara masalah kemiskinan ini ujung-ujungnya yang menjadi korban juga adalah remaja perempuan.

Padahal, di usia remaja, banyak remaja yang sedang mencari identitas diri. Dan, biasanya identitas diri ini diperoleh dari lingkungan. Sementara lingkungan remaja ini penuh dengan hal-hal yang menggoda iman. Jika iman remaja itu tidak kuat, ia akan hanyut mengikuti arus mode remaja motropolitan yang penuh dengan budaya glamour. Hal-hal seperti inilah yang mudah menyeret remaja itu ke kasus pelacuran remaja.

Adapun beberapa faktor lain yang menyebabkan para remaja perempuan beralih profesi sebagai PSK (Penjaja Seks Komersial) yaitu:

- Faktor ekonomi keluarga yang rendah.

- Kenakalan remaja.

- Faktor lingkungan sosial.

- Karakter remaja perempuan yang sering inging mencoba hal-hal baru.

- Adat ketimuran yang sudah terkikis.

Apa pun alasan seorang remaja terjun di dunia prostitusi, karakteristik pekerjaan yang harus dilakukan oleh pekerja seks membuat prostitusi menjadi pekerjaan yang berisiko tinggi. Dalam melakukan pekerjaannya, mereka berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dengan banyak orang.

Dari pelanggan yang banyak dan beragam itulah, risiko yang dihadapi seorang pekerja seks juga banyak dan beragam. Dari pelanggan yang penipu, mungkin saja ia tidak dibayar oleh pelanggan setelah melakukan aktivitas seksual. Apabila tidak menggunakan alat kontrasepsi, pekerja seks juga berisiko mengalami kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain itu, posisi tawar yang lemah di pihak pekerja seks juga membuat mereka sering tidak berhasil membujuk pelanggannya untuk menggunakan proteksi/kondom. Akibatnya, dari pelanggan yang mengidap penyakit menular seksual (PMS), atau bahkan HIV/AIDS, pekerja seks tadi dapat tertular tanpa mampu melindungi tubuhnya. Apalagi ada mitos, karena risiko tertular HIV lebih besar jika berhubungan dengan pekerja seks dewasa, maka kaum pria hidung belang memburu anak-anak.

Risiko berat lain yang seringkali harus dihadapi remaja sebagai pekerja seks adalah kekerasan seksual yang dilakukan oleh pelanggan yang bisa jadi sampai mengancam nyawanya. Tidak jarang, pelanggan yang datang juga menginginkan bentuk hubungan seks yang tidak wajar.

Selain risiko karena karekteristik pekerjaannya sendiri, masih ada risiko lain. Prostitusi juga bukan dunia yang mudah ditinggalkan. Sekali kita tercebur, perlu usaha ekstra keras untuk berhenti. Banyak remaja, terutama di kalangan anak sekolah atau kuliah yang terjun ke dunia prostitusi memang tidak berniat untuk menjadikan prostitusi sebagai pekerjaan utamanya. Mereka berpikir, mereka hanya akan menjadi pekerja seks sementara saja. Dalam beberapa tahun ke depan mereka akan berhenti dan beralih profesi. Ternyata masalahnya tidak semudah itu.

Apabila aktivitasnya sebagai pekerja seks ini diketahui oleh keluarganya, maka besar kemungkinan mereka tidak mau menerimanya kembali. Belum lagi teman-teman dan lingkungan masyarakat yang seringkali bersikap menghakimi. Hal ini membuat mereka merasa lebih baik terus bekerja sebagai pekerja seks. Lama kelamaan, pilihan untuk bekerja di bidang lain akan tertutup.

Profesi sebagai pekerja seks tidak dipandang sebagai profesi yang terhormat oleh masyarakat. Memang di kalangan masyarakat luas sendiri terdapat semacam dualisme dalam menyikapi masalah prostitusi.

Di satu pihak, demand atau permintaan terhadap pekerja seks remaja juga tetap tinggi dan banyak yang bersedia membayar pekerja seks remaja lebih mahal dibanding yang sudah berumur. Namun, di pihak lain, walaupun saat ini sebagian kecil masyarakat sudah mulai melihat para pekerja seks sebagai korban dan berusaha untuk menawarkan program-program pengentasan untuk menolong mereka, sebagian besar lain dari masyarakat masih terus mengutuk dan mengucilkan para pekerja seks, menganggap mereka sampah masyarakat.

Bahkan ketika mereka ingin beralih profesi ke bidang lain yang dipandang bermartabat oleh lingkungannya, masyarakat tidak begitu saja menerima mereka. Hal ini mengakibatkan para pekerja seks mengalami kesulitan untuk alih profesi ke bidang lain.

Data yang pasti mengenai pekerja seks di bawah umur sangat sulit untuk diperoleh. Biasanya pekerja seks tersebut diberi atau menggunakan identitas palsu di mana umur dan fotonya dibuat supaya terlihat lebih tua. Selaian itu, hampir tidak ada keluhan baik dari pelanggan maupun para pekerja seks itu sendiri menyangkut aktivitas seksual yang dilakukan. Mobilitas para pekerja seks itu sendiri juga begitu tinggi sehingga mempersulit pelacakan.

Sulitnya memperoleh data itu membuat masalah ini tidak mendapat perhatian yang cukup, dan berdampak pada tidak jelasnya perlindungan yang (seharusnya) diberikan oleh pemerintah bagi para pekerja seks, terutama pekerja seks di bawah umur.

Solusi untuk mengurangi banyaknya Penjaja Seks Komersial adalah:

- Jam mata pelajaran pendidikan agama di setiap sekolah perlu ditambah.

- Sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan akibat dari hubungan seksual di luar nikah.

- Adanya reformasi dari aparat pemerintah.

- Adanya program merubah karakter masyarakat.

Meskipun ini hanya sebuah opini dalam pemberian solusinya namun setiap orang tua pasti memiliki cara-cara tersendiri untuk menjauhkan para remajanya dari perbuatan tersebut. Penanggulangan Pekerja Seks juga bukan hanya diciduk lalu diberi pelatihan tapi juga harus disalurkan untuk mendapatkan pekerjaan baru yang layak. Selain itu harus adanya reparadigm kepada tentang pekerja sek yang sudah berhenti dan hendak bekerja agar mereka tidak dipandang remeh dan dikucilkan dilingkungan tempat kerja atau di lingkungan masyarakat itu sendiri.

Wong Ndeso Di Bandara Schiphol

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

REP | 04 December 2012 | 02:13 Dibaca: 6   Komentar: 0   Nihil
Schiphol Airport Amsterdam
Parkir Pesawat Dekat Sekali Dengan Jalan
Mesin Check In
Mesin Ketiknya
Dimana Ya ?

Mampus deh gue, sudah berkali kali saya keluar masuk airport internasional di negara manapun di dunia ini, tetapi tidak pernah sedemikian hebatnya rasa deg degan saat saya berada di Schiphol Airport Amsterdam.  Padahal sudah berkali kali saya ke Belanda. Kenapa setiap berada di Schiphol jantung saya serasa mau copot ? Lama lama saya tahu juga, ternyata saya terlalu Gaptek, ndeso dan kampungan. Saya memang tidak tahu sama sekali dengan tehnologi. Waktu saya lahir puluhan tahun lalu, saya ditolong bidan kampung, tidak pakai tehnologi apapun seperti jaman sekarang. Itulah sebabnya saya gaptek sampai saat ini. Satu satunya tehnologi yang saya kuasai  cuma Mesin Ketik, itupun di Schiphol tidak ada alat check in yang pakai mesin ketik jeglog seperti yang saya pelajari saat saya masih gadis remaja dulu.

Jaim, Pura Pura Tahu
Padahal Ndeso Pol

Biar kelihatan keren dan tidak memalukan, maka urusan check in dan bagasi saya serahkan anak anak saya yang lahir dijaman Satelit Komunikasi sudah bertebaran diatas langit. Mas Ardi cukup saya beri tugas ngangkat koper saja karena ternyata sama saja dengan saya. Terlalu Jadul dan nggak bisa dipercaya dalam hal berurusan dengan tehnologi baru. Baik cara mengoperasikan mesin check in, mesin parkir kendaraan maupun mesin bagasi semuanya tidak ada yang beres.

Saat Saat Kritis
Kopernya Cuma Maju Mundur
Tertawa Setelah Tas Merah Berhasil
Berjalan Menuju Ke Pesawat

Tetapi saya akui, dalam hal Sok Tahu dan Jaga Image, suami saya memang cukup piawai. Tengok kiri kanan dulu, kira kira aman dan jauh dari pantauan orang maka langsung dipencet semua tombol. Akibatnya, koper setelah dimasukkan kedalam mesin langsung tidak mau bergerak, cuma maju mundur saja dan tidak mau jalan maju  menuju ke pesawat. Dipencet lagi, entah tombol apa yang dipencet langsung glodakkkk….., koper jatuh dan bersuara keras sekali.  Demi menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesiai, langsung saya pergi menjauh dan pura pura nggak kenal dengan 'orang' yang bikin suara gaduh tadi, Aman….., nama baik bangsa Indonesia tetap terjaga di Schiphol Airport.

Mevrouw Susy Jaga Image
Pura Pura Shopping Daripada Ketahuan Gaptek
Periksa Passport, Alhamdullilah Ternyata Banyak Juga Yang
Gaptek Tidak Tahu Cara Gesek Passport Sendiri
Mesin Parkir Mobil
Tambah Bingung Lagi Saya

Baca Juga :

Siapa yang menilai tulisan ini?

Apa itu AGMAC

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

13545603641348143199

Apa itu AGMAC ? bisa dilihat di website www.asiagoldmining.com singakatan dari Asia Gold Mining Asset Corporation.  A Professional Closed-End Fund yang didirikan di British Virgin Islands (BVI) pada tahun 2012. Websitenya juga masih baru, belum berumur 1 bulanan.  Informasi alamatnya seperti yang dituliskan di website  Administrative Office, Skyper Villa, Taunusanlage 1, 60329 Frankfurt am Main, Germany. Untuk keterangan ini agar lebih jelas bisa diminta lewat kantor kedutaan besar Jerman yang ada di Indonesia di :

Royal Embassy of Germany / Kedutaan Besar Jerman.

Jl. M.H. Thamrin No. 1, Menteng, Jakarta Pusat 10310

Tel (62-21) 390-1750, Fax (62-21) 390-1757

germany@rad.net.id

http://www.deutschebotschaft-jakarta.or.id/

sehingga bisa diakses kesana untuk kelengkapan informasi alamat tersebut sesuai dengan yang tertera di website www.asiagoldmining.com

Untuk mengetahui legalitas tentang perusahaan ini bisa dilihat di http://www.offshorebvi.com apakah memang benar ada atau tidaknya legalitas perusahaan tersebut. Tapi perlu diingat bahwa perusahaan yang didirikan di British Virgin Islands (BVI) memberikan kemudahan pajak serta memberikan kemudahan untuk prosedur pendirian sebuah perusahaan dan kawasan ini menjanjikan untuk menjaga kerahasiaan pemilik asli perusahaan.

Selanjutnya apa itu perusahaan closed-end fund : perusahaan closed-end fund adalah sebuah perusahaan reksa dana dengan jumlah saham tetap. Diciptakan dan dibuat sepihak oleh Manajer Investasi untuk memenuhi permintaan dari investor. Nilai sahamnya dapat dibeli atau dijual di market. Market dalam pengertian disini adalah market yang sudah IPO (Initial Public Offering) bukan market yang belum IPO. Kalau market nya belum IPO maka hanya dapat di beli atau dijual kepada yang hanya mengakui keberadaan nilai saham tersebut saja, jadi tidak bisa di jual bebas ke pasaran. Yang tujuan nya untuk pengumpulan investasi.

Kalau di Amerika ada lembaga khusus yang menangani tentang closed-end fund ini nama lembaganya adalah SEC (Securities and Exchange Commission) yang bertujuan untuk melaksanakan penerapan hukum sipil terhadap perorangan ataupun perusahaan yang didapati telah melakukan kejahatan akuntansi, memberikan informasi yang tidak benar, terlibat dalam insider trading ataupun pelanggaran lainnya terhadap undang-undang pasar modal (securities law). SEC juga bekerja sama dengan penegak hukum lainnya di Amerika untuk penuntutan hukum dari perorangan maupun perusahaan yang melakukan kesalahan yang dikategorikan dalam KEJAHATAN.

Tidak sama seperti dalam perbankan, investasi pada pasar modal tidaklah dijamin oleh lembaga Federal yang bernama Federal Deposit Insurance Corporation. Potensi untuk memperoleh imbal hasil besar haruslah disesuaikan dengan risiko yang dihadapi INVESTOR. Kewajiban untuk keterbukaan keuangan dan informasi penting tentang perusahaan penerbit saham dan sekuritas dapat memberikan suatu informasi yang serupa baik kepada investor perorangan maupun kepada investor PERSEROAN tentang keadaan suatu perusahaan publik sehingga dengan demikian meningkatkan keamanan publik disamping mengurangi insider trading dan PENIPUAN.

Nah sampai disini timbul pertanyaan, adakah lembaga khusus yang mengawasi dalam kinerja pengoperasian dari Asia Gold Mining Asset Corporation ini ? sementara di websitenya sendiri diberikan keterangan bahwa Note : The law governing AGMAC is not German or EU law. Yang mengatur tentang aktifitas dan segala bentuk model usaha AGMAC tidak diatur di Jerman dan wilayah hukum uni Eropa. Berarti hanya alamat website yang berkantor di German tetapi dalam segala bentuk aktifitas perusahaan AGMAC sesuai dengan aturan British Virgin Islands (BVI).  Perlu pemahaman khusus dalam hal ini.

Kita kembali ke website AGMAC. Portofolio investasi khusus kami secara aktif dikelola oleh tim manajemen yang berpengalaman dengan tujuan mencapai capital gain dan nilai saham aktiva bersih. Fokus utama dari Strategi Investasi AGMAC adalah Logam Mulia, ditambah dengan penambahan investasi dalam Sumber Daya Alam lainnya.  (Kalau manajemennya berpengalaman dimana kita dapatkan laporan keuangan dari perusahaan AGMAC ini. Neraca rugi laba perusahaannya).

Strategi Investasi AGMAC diatur oleh Komite Investasi, terdiri dari Penasehat Investasi yang berpengalaman dalam Sumber Daya Alam. Komite ini diketuai oleh CEO AGMAC. (Mana bukti pengalamannya apakah kita bisa melihat curriculum vitae CEO AGMAC ini. Siapa saja yang ikut dalam komite investasi ini). Dan bagaimana seorang shareholder bisa mendapatkan data-data tersebut.

Investasi utama AGMAC adalah Perusahaan Sumber Daya yang memiliki:

  • Berevolusi dari Eksplorasi di Resource terbukti dan / atau diukur;
  • Secara finansial mapan.
  • Diatur dan dikelola oleh tim manajemen yang handal dengan track record bagus.
  • Beroperasi di wilayah geografis politik relatif stabil;

Yang jadi pertanyaan darimana informasi tentang semua point-point diatas kita buktikan kebenarannya, apakah pembuktian tentang kebenarannya hanya sebuah tulisan di website saja tidak memberikan keterangan secara real yang semua tentang pengoperasian nya itu ada laporannya masing-masing untuk shareholder.

Saya sebagai orang yang berinvestasi valuta asing agar perlu menjadi perhatian lebih disini terutama untuk PEMULA bahwa apapun kata orang di luar sana. Option adalah instrument keuangan bukan untuk pemula. Option memang sangat menguntungkan bagi yang menguasai ilmunya tetapi sangat tinggi RESIKONYA. Sebelum jauh melangkah ke dunia option, idealnya kuasailah arti reksadana saham terlebih dahulu, kalau pemahaman sedikit tentang option ini maka bisa disimpulkan berapa pun investasi ANDA yang ANDA tanamkan dalam option ini akan selalu habis, selalu habis dan selalu habis.

Lebih baik berinvestasi sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman kita, jangan terbujuk rayu dengan iming-iming yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda, apalagi sampai menjanjikan keuntungan. Karena investasi menyangkut masalah UANGA, UANG itu kejam. Uang bisa membuat saudara kandung bisa bermusuhan, yang tadi nya berteman akhirnya menjadi lawan. Hati-hatilah dalam menginvestasikan uang.

Salam trader…………!!!!!

13545614391210274409

Pengangguran Di Subang

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

Pengangguran di wilayah Subang setiap tahun selalu bertambah dengan jumlah yang cukup banyak, seiring kelulusan sekolah lanjutan atas. Dari data yang ada, siswa lulusan SLTA yang melanjutkan ke pendidikan tinggi hanya 15% dan ini artinya 85% kembali ke masyarakat dan berupaya mencari penghasilan sendiri, serta menjadi pengangguran akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan.

Jika kondisi ini tidak segera diantisipasi, maka akan menjadi bom waktu dan memicu munculnya revolusi sosial. Sebab apabila jumlah lulusan SLTA di Subang berjumlah 10.000 siswa, jumlah pengangguran baru diperkirakan mencapai 40.000-50.000/tahun. Karena itu, pihaknya berharap para pengusaha khususnya yang bergerak di bidang padat karya bersedia berinvestasi di Kabupaten Subang. Selebihnya akan dibina untuk berwirausaha sehingga mereka bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.
berdasarkan Kasi. Pengolahan Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang, Pengangguran dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Setengah menganggur adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.

2. Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak di kabupaten Subang karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.

Menurut pernyataan yang dipaparkan oleh BPS, topografi masyarakat Kabupaten Subang dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu penduduk daerah pesisir pantai, dataran, dan pegunungan. Hal tersebut memberikan masalah yang berbeda di setiap daerahnya. Dan karena perbedaan tersebut maka mempengaruhi pula tingkat pengangguran masyarakat di Kabupaten Subang.

Misalkan saja di daerah pesisir pantura, permasalahan yang sering terjadi adalah banjir. Banjir dapat mengakibatkan laju perekonomian masyarakat setempat di bidang perikanan menjadi terhambat, selain itu juga banyak lahan pertanian yang terendam. Dengan begini, indikator yang disebut pengangguran di daerah pantura kebanyakan menurut BPS adalah pengangguran musiman. Ketika lahan mereka terendam banjir, maka para buruh tani atau nelayan tidak akan bekerja dikarenakan cuaca yang buruk atau hal2 lain bersifat bencana.

Menurutnya lagi, jika ingin mengetahui atau menilai data pengangguran di wilayah Subang mungkin akan susah. Hal ini disebabkan karena data yang didapatkan berbeda atau tidak relevan antara BPS dan dinas-dinas lain yang berada di Kabupaten Subang. Selain itu pula, ada faktor kebijakan pemerintah yang hanya mencakup wilayah kabupaten saja (tidak perkecamatan) dalam mendata setiap permasalahan yang ada.

Ada beberapa factor yang menyebabkan dari banyaknya pengangguran di Kabupaten Subang sebagai berikut:

* Kurangnya lapangan pekerjaan.

* Kebijakan pemerintah yang kurang tepat dalam penyelenggaraan pembangunan manusia.

* Mental para pemuda untuk maju yang kurang kuat.

* Ketergantungan masyarakat terhadapa bantuan pemerintah.

Bisa dipastikan bahwa pengangguran yang terjadi akan membawa dampak pada aspek (sektor) lainnya. Aspek-aspek yang akan terkena langsung adalah kesehatan dan pendidikan. Karenanya sebagian beban biaya pendidikan dan kesehatan harus ditanggung (bahkan merupakan kewajiban) pemerintah. Bila pengangguran tersebut berlangsung cukup lama, maka kemiskinan absolut bahkan kelaparan bisa terjadi. Dampak lain dari pengangguran di antaranya adalah :

* Ketimpangan sosial. Ini terjadi karena tidak seluruh komponen masyarakat menganggur, selalu ada sekelomok masyarakat yang nasibnya masih beruntung, ia dapat bekerja dengan normal bahkan memperoleh penghasilan yang berlebih,

* Kecemburuan sosial. Hal ini terjadi karena terpicu oleh disparitas sosial yang ada, misalnya ketimpangan pendapatan, status sosial dan kekuasaan,

* Meningkatnya budget pemerintah untuk sektor pendidikan dan kesehatan,

* Meningkatnya kriminalitas dan kekerasan sosial lainnya,

* Munculnya sikap permisif (serba boleh) sebagai jalan pintas untuk mempertahankan hidup,

* Tidak lancarnya sistem demokrasi, karena money politic lebih dominan

* Disharmonisnya sistem rumah tangga, karena penopang kelangsungan rumah tangga (penghasilan) tidak memadai lagi,

* Meningkatnya sex komersial (pelacuran), sebagai representasi sulitnya mencari lapangan kerja,

* Melemahnya daya beli, sebagai konsekuensi langsung dari ketidakberdayaan ekonomi (rendahnya pendapatan rumah tangga), dan

* Kekuasaan dan harga diri diukur oleh tingkat kekayaan dan penghasilan yang dpat diperoleh (seba uang). Sebetulnya ini suatu kekeliruan yang paling patal, namun masyarakat cenderung berperilaku seperti itu. Dirasakan sekali dengan uang segalanya jadi lancar, menyenangkan, status sosial terangkat dan dihargai orang lain.

Untuk menanggulangi beberapa permasalahan tersebut, ada beberapa solusi untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Subang yang bisa dilakukan oleh semua pihak yaitu :

1. Penambahan lapangan pekerjaan baik di bidang pertanian, perdagangan, industri, maupun yang lainnya.

2. Adanya kebijakan pemerintah yang dapat menguntungkan semua pihak baik dari pemerintah, investor, dan masyarakat.

3. Adanya pemberdayaan sumber daya manusia di setiap desa atau kelurahan, contohnya di Karang Taruna.

Kabupaten Subang sudah menjalankan program dari pemerintah pusat yang disebut PKH atau Program Keluarga Harapan. Program ini hampir sama dengan BLT, namun perbedaannya yaitu PKH dalam pelaksanaanya bersyarat. Program ini lebih baik dibandingkan dengan BLT, karena dengan adanya PKH, masyarakat yang benar-benar tidak mampu bisa terdata dan benar-benar menerima bantuan dari pemerintah. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat Subang bisa sejahtera. Namun kenyataan dilapangan masih banyak penerimanya tidak memakai dana dari PKH sesuai dengan ketentuan penggunaannya tidak jarang yang hanya dipakai untuk membeli perhiaasan atau barang elektronik.

Ada beberapa alternatif (cara) yang bisa dilakukan dalam rangka mengatasi masalah pengangguran. Cara ini mengikuti dua pola (jalur), yaitu lewat jalur demand for labour, dan supply of labour. Upaya mengatasi pengangguran lewat jalur permintaan tenaga kerja berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja baru secara langsung. Jalur ini biasanya berhubungan dengan aspek-aspek sebagai berikut :

1) Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam (misalnya lahan)

Hal ini bisa dilakukan apabila masyarakat diberi peluang (akses) terhadap penguasaan (paling tidak) penggarapan lahan. Tidak hanya sampai di situ, pemerintah pun harus memberikan fasilitasi yang kondusif agar masyarakat mampu mengelola lahan dengan optimal dan aman karena kepastian hukumnya jelas,

2) Akses pada sumber-sumber modal

Akses pada sumber modal sangat menentukan bagi pengembangan usaha sekaligus kesempatan kerja (sama seperti sumberdaya tanah/lahan). Ketika kemudhan-kemudahan diciptakan untuk masyarakat lapisan bawah, dan pembinaan pun dilakukan, maka dampaknya secara langsung akan dirasakan oleh masyarakat,

3) Peningkatan investasi (pembentukan modal, capital formation)

Investasi bisa bersumber dari pihak internal maupun eksternal. Dari internal bisa didapat lewat pemupukan tabungan (dana pihak ketiga) masyarakat dan dari eksternal melalui peningkatan arus investasi (penanaman modal) dari pihak luar. Bila dua sumber ini lancar dan kenaikannya cukup signifikan, maka dampaknya akan terasa pada gairah usaha dan otomatis terhadap permintaan tenaga kerja (kesempatan kerja),

4) Kerjasama

Kerjasama akan sangat bergantung pada kredibilitas pemerintah, situasi objektif wilayah (peluang pasar, potensi wilayah, keamanan, politik dan kelembagaan yang mendukung sistem pemerintahan). Bila hal ini telah dipastikan kondusif, maka investor cenderung siap melakukan kerjasama (pengembangan wilayah), sehingga pada gilirannya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah dan kesempatan kerja,

5) Perluasan pasar

Tahap ini tercipta setelah tahap kerjasama dan arus investasi masuk ke suatu wilayah. Artinya tahap ini sebagai konsekuensi dari existing situation yang ada sebelumnya. Perluasan pasar dapat ditingkatkan dengan beberapa cara diantaranya dengan perbaikan kualitas (TQM), penguatan akses informasi, memahami prilaku pesaing, memahami kehendak buyer dan lancarnya delivery order system,

6) Pembinaan usaha

Terdapat ragam upaya yang bisa dilakukan dalam rangka pembinaan usaha (paket-paket pembinaan usaha sudah banyak tersedia). Tetapi yang paling penting dari itu semua adalah jiwa wirausaha yang dilandasi dengan nilai-nilai transendental yang nampaknya masih perlu ditingkatkan. Artinya harus dipahami oleh semua, bahwa segala usaha dan upaya yang dilakukan, harus ditujukan hanya semata untuk mengabdi kepada Tuhan dan bermaksud ingin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi yang lain (manusia dan alam/lingkungan sekitar),

7) Pengembangan usaha padat karya (labor intensive)

Usaha padat karya adalah jenis karakteristik usaha yang paling cocok untuk negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk tinggi. Seperti halnya negara Indonesia. Tetapi bukan berarti kita menolak semua teknologi yang terjadi saat ini. Teknologi tetap dibutuhkan, dengan catatan tidak akan mempersulit (mempersempit) lapangan kerja baru, ramah lingkungan, terjangkau biayanya dan adaptasinya dapat dengan mudah diserap dan diimplementasi oleh tenaga kerja domestik, dan

8) Kebijakan pemerintah

Suasana kondusif dapat tercipta karena pemerintah dan pemerintah daerah melakukan fasilitasi dan memberikan berbagai kemudahan (insentif ekonomi) bagi pengembangan usaha. Berbagai peraturan yang diciptakan bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat usaha, tidak sebaliknya (menjadikan pengusaha atau kegiatan usaha menjadi objek penghasilan semata). Budaya pendekatan proyek (project oriented) harus diubah menjadi budaya social benefit. Artinya semua usaha yang dilakukan pemerintah tidak melulu profit seeking (memburu laba) dalam rangka mendongkrak economic growth semata, tetapi lebih jauh dari itu bagaimana "kue pertumbuhan" itu mengalir dan bermanfaat bagi masyarakat kecil yang sekarang sedang terancam bahaya kelaparan.

Permasalahan pengangguran memang tidak bisa langsung diselesaikan dalam waktu singkat, namun semua itu akan semakin berkurang angka pengangguran pertahunnya manakala Pemerintah selaku pemegang kebijakan membuat suatu kebijakan untuk membuka peluang lapangan kerja baru setiap tahunnya. Pihak swasta/investor selaku pemilik modal dan pengusaha memberikan kemudahan kepada para pelamar untuk memberikan peluang bekerja dan memberikan keuntungan bagi pengusahanya. Apabila Pemerintah Daerah kab. Subang dan Pengussaha sudah sama – sama bersinergi dalam pengentasan pengangguran maka masyarakat selaku labour harus memberikan guaranty akan skill yang mereka miliki sehingga mereka diterima dan mendapatkan kesejahteraan.

Namun Pemerintah pun jangan sampai mengorbankan kepentingan umum demi hasrat orgasme kepentingan pribadinya dengan memberikan kemudahan kepada investor tapi tidak memberikan kontribusi terhadap Indeks Pembangunan Manusia serta pembangunan daerah melalui peningkatan pertumbuhan industry disegala sector.

Fight for Better Life and Love

Posted: 03 Dec 2012 11:40 AM PST

Jadikan Teman | Kirim Pesan

Seseorang bertanya, "Apa yang dirimu syukuri hari ini?" Sayapun menjawab, 1) Allah telah memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjaga diriku dari bahaya diri sendiri dan orang lain. 2) Kesabaran untuk bisa tetap mengendalikan diri di kala sedih, marah dan bahagia. 3) Memiliki keluarga yang sayang, mencintai dan menghormati. #TJPA

OPINI | 04 December 2012 | 02:00 Dibaca: 19   Komentar: 0   Nihil

Dirimu adalah pejuang kehidupan. You are a fighter!!!

Tak apa berkeringat di hari ini, untuk mendapatkan kehidupan dan cinta yang lebih baik. Tak apa menangis hingga air mata darah sekalipun, untuk sebuah prinsip yang dirimu yakini kebenarannya.

Hidup adalah perjuangan. Kemulian hidup bagi mereka yang mengusahakan sendiri dengan tangannya dengan sabar dan ikhlas. Semoga hidayah Allah bersama mereka yang memperjuangkan hak dan kehidupan yang lebih baik.

Berjuanglah hingga meskipun tak ada lagi keringat dan air mata mengalir. Biarkan semua habis tak tersisa. Berjuanglah hingga merekah senyum bahagia penuh makna.

Fight for better life and love.

#SCUD

Siapa yang menilai tulisan ini?
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar