Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Selasa, 11 Desember 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Potret Kepemimpinan di Indonesia Menuju Penghujung 2012

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

Tahun 2012 ini Dinamika politik di Indonesia tak pernah lepas dari sebuah Dominasi para Elite penguasa, rakyat yang merasa dirinya tak terwakili aspirasinya merasa terkebiri dengan adanya kebijakan-kebijakan yang tak pernah berpihak kepada mereka. Akibatnya bisa dilihat, kekacauan bisa muncul kapan saja. Pada awal tahun ini tepatnya bulan Maret 2012 ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan kenaikan BBM melalui pencabutan Subsidi BMM jenis Premium dan Solar. Sontak rakyat Indonesia bergejolak, bahkan situasi politik dalam negeri sempat memanas dengan adanya penolakan dari beberapa Fraksi di DPR untuk merubah APBNP tersebut. Tak hanya itu, kita juga disuguhkan tontonan oleh para Wakil Rakyat yang seharusnya tak disiarkan melaui publik karena merupakan pendidikan politik buruk bagi generasi penerus bangsa.

Selain itu ditahun ini, kita juga disuguhkan berita-berita mengenai disintegrasi rakyat yang berkaitan dengan SARA seperti statemen salah satu tokoh dalam Pilgub DKI yang menyudutkan salah satu agama, Pro dan Kontra Kaum Ahmadiyah dan Syiah di Jawa Timur, serta terus bergejolaknya daerah-daerah akibat konflik horizontal pilkada di beberapa daerah. Tak hanya itu, pemuda yang kelak akan menjadi Generasi Penerus Bangsa terlibat tawuran di beberapa daerah serta Mahasiswa yang akan menjadi Calon Pemimpin Bangsa juga tak ikut ketinggalan dengan terlibat kericuhan di dalam setiap aksi dan gerakannya.

Dan yang paling parah adalah terbongkarnya kasus-kasus Korupsi yang sudah merajalela dan masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan bangsa. Mulai dari Pejabat tinggi sekelas Menteri, Anggota DPR, para Penegak Hukum, para Pengusaha. sampai dengan Pegawai serta anak buah yang paling kecil ikut melaksanakannya.

Dari sinilah kita melihat ada sebuah permasalahan yang muncul akibat dari bergesernya budaya Gotong Royong kita yang cenderung menjadi lebih individualis sekarang. Sosiolog Bambang Budiono, M. Sosio yang juga Pengurus PA GMNI menyatakan jika, Bangsa Indonesia dedang mengalami krisis kepemimpinan, hari ini pemimpin lebih mementingkan kepentingan dominasi politik saja, padahal kita tahu jika permasalahan di bangsa ini semakin komplit jika di komparasikan dengan permasalahan eksploitasi ekonomi dan penetrasi budaya yang sedang digencarkan oleh para pelaku Liberalisasi Global. Disampaikan dalam seminar "Aktualisasi Wawasan Kebangsaan" di Empire Palace Surabaya (25/11) beliau menambahkan, jika di masa mendatang kita tidak pandai memilih pemimpin yang benar-benar mengerti akan permasalahan bangsa, Indonesia akan menjadi bangsa kaya yang miskin, dengan kata lain Sumber Daya Alam kita berlimpah, akan tetapi kesejahteraan rakyat belum terjamin.

Secara terpisah Ketua Korda GMNI Jawa Timur, Rangga Bisma Aditya, S.Sosio, menyampaikan harus ada perubahan dalam dinamika politik di tahun 2013. Hal ini akan menentukan nasib Indonesia di tahun-tahun berikutnya. Komunikasi antara Pemerintah dengan Rakyat harus tetap terjaga, tidak hanya saat Pemilu atau Pemilukada akan berlangsung saja. Bisa kita lihat jika apa yang dipraktekkan Gubernur DKI Jakarta Bapak Joko Widodo dan Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo harus ditiru oleh para Penerus Generasi bangsa khususnya kaum muda saat ini. Kita tahu kebijakan mereka benar-benar sesuai dengan kepentingan rakyat Indonesia seperti Pengadaan Kartu Jakarta Pintar dan Sehat di Jakarta serta Jalin Kesra (Jalan Lain menuju Kesejahteraan) di Jawa Timur.

Hal terpenting bagi Pemimpin di masa depan adalah kemampuan dalam mengimplementasikan Pancasila dan Tri Sakti dalam setiap kebijakannya. Kita bisa lihat jika pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu membawa bangsa dan negaranya untuk Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Bidang Budaya.

Tahun 2012 akan segera berakhir, apakah para pemimpin kita sudah mengevaluasi diri mereka sebalum dievaluasi oleh rakyatnya. Ataukah mereka malah berleha-leha untuk tetap menjadikan bangsa Indonesia sebagai Negara yang sampai kapan-pun akan menjadi negara berkembang. Mari kita songsong tahun 2013 dengan mencetak diri kita dan adik-adik kita untuk menjadi pemimpin di masa depan bagi bangsa Indonesia yang sesuai dengan Pancasila.

Surabaya, 12-12-12

2 Surat FIFA

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

selamat malam kompasioner , sebenarnya hanya ingin membalas pertanyaan komen @Toni Ariani
dlm artikel http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/12/11/ketika-kpsi-frustasi-kemudian-memanggil-pelawak-di-tv-oon-510202.html tapi karna jawabanya panjang maka dari itu sekalian saya buatkan artikel sekalian….

2 Surat FIFA harus dibedakan

1. surat FIFA ke PSSI adalah perintah FIFA untuk mengantisipasi apabila terjadi deadlock JC(JointCommitte)maka permasalahan akan diambil alih oleh PSSI dan tetap merujuk kepada statuta PSSI/FIFA..

2. Surat FIFA ke Menpora, adalah menuntut tindakan tegas pemerintah!!  dalam hal penegakan statuta FIFA dan UU sistem keolahragaan nasional..
karna yg bisa dan boleh dilakukan pemerintah hanyalah menegakan hukum" yg berlaku.. dan tidak boleh mengintervensi federasi..

dlm kasus ini harusnya pemerintah tegas menegakan UU SKN yg berarti Peran Federasi mengorganisasi dan mensupervisi semua kegiatan sepakbola seperti yang tercantum dalam statuta FIFA dan Sistem Keolahragaan Nasional harus dijalankan…

mengacu pada putusan CAS(pengadilan arbitrasi olahraga) perkara No. CAS 2012/273 menegaskan bahwa PSSI djohar Arifin adalah federasi yang syah…
dgn begitu pemerintah harusnya tegas dengan menjalankan putusan CAS(Court of Arbitration for Sport)..

untuk itu kegiatan" KPSI/ISL/IIC/Celebes Cup yg tidak mendapat recomendasi PSSI harusnya didibubarkan…

tapi yg dilakukan menpora malah salah kaprah dan tidak menjalankan dasar" hukum yg jelas seperti terlampir diatas, tapi malah mencampuri kewenangan JC untuk menjalankan MoU yg sebenarnya bukan kewenangan pemerintah(karna pemrintah hnya berwenang dlm ktegasan penegakan hukum" yg berlaku),

MoU dan JC sendiri sudah deadlock dan terciderai oleh pelanggaran" KPSI yg melarang pemain ke timnas, membuat timnas tandingan, dan masih banyak pelanggaran" yg lain…
dan PSSI mpunyai dasar hukum melalui surat FIFA untuk membatalkan MoU dan JC..

tp wlopun begitu hasil kongres palangkaraya tetap mengadopsi poin" MoU kuala Lumpur, yaitu http://bola.kompas.com/read/2012/12/10/13095646/Inilah.Hasil.KLB.PSSI.Palangkaraya…
bila dibandingkan hasil konser KPSI yg poin"nya terlihat separatis dan bernafsu mengkudeta…
http://bola.kompas.com/read/2012/12/10/17300987/5.Poin.Hasil.Kongres.KPSI

*untuk voter solo semua sudah di undang dan telah didata oleh PSSI yang kemudian akan dilakukan verifikasi faktual di kongres palangkaraya, namun pihak KPSI dan Djoko Pekik yang diberikan data oleh PSSI tidak membalas dan para undangan voter solo tidak hadir di palangkaraya..
pernyataan ini terbukti benar dan sudah dikonfrontir antara djamal aziz(KPSI), saud sirait(PSSI), Djoko pekik(Kemenpora) di kabar petang tv one 10/12/12..

salam olahraga!!

Habibie Versi Arab

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

REP | 12 December 2012 | 02:48 Dibaca: 8   Komentar: 0   Nihil
13552552851596112315

toptropicals.com/kenanga

Ini sih bukan menyangkut masalah kasus Bapak Habibie mantan Presiden RI yang lagi heboh terkait pemberitaan di Malaysia..bukan..bukan itu…!

Ini menyangkut  perkataan yang jamak di ucapkan di negara Arab..dimana orang dengan entengnya memanggil orang yang di sukai,dicintai,diisayangi atau agar tidak marah,atau agar anda mau membantu dengan secepatnya..maka orang Arab akan memanggil Anda dengan panggilan :

"Ya Habibie..Taal..!"/Ya..kekasih hatiku kemari..!

13552537341939364070

azef-alashjan.blogspot.com

Begitu kira-kira arti terjemahan bebasanya,jangan kaget..panggilan Habibie ini bisa diucapkan oleh siapa saja baik laki-laki terhadap wanita,maupun terhadap sesama laki-laki(tanpa konotasi buruk)maupun untuk anak-anak..,bisa juga wanita memanggil panggilan ini terhadap sesama wanita,maupun kekasihnya ataupun terhadap anak-anaknya.

Jadi panggilan Habibie ini..sudah hal lumrah dan hanya untuk mencairkan suasana agar tidak tegang dan yang dipanggil biasanya  juga melunak..!

13552532211183520940

str-ly.com

Dan jika anda sedang pergi ke negara Arab..dan mau belanja tak ada salahnya panggil" Ya..Habibie" sama penjualnya barang kali nanti dapat diskon khusus..!

Semenatara untuk panggilan special yang bernada Romantis terhadap pujaan hatinya..biasanya lain lagi contoh saja nih..:

-Ya Baldi Alma'bud=Ya pujaan hatiku

-Ya Qalbu=Ya Jantung Hatiku

-Ana Habiq=Aku sayang/cinta  kamu

Ya begitu kira-kira saya juga kurang paham istilah-istilah model beginian,Maaf ini hanya setahu saya saja..kadang versi orang berbeda-beda,apalagi bahasa arab memang sedikit susah..kadang antara yang didengar dan di tulis terkadang beda makna dan spelling-nya.

Bagi teman-teman yang berdomisili di negara arab jika salah mohon dikoreksi ya..?

Sekedar berbagi saja..Wassalamah..!

Siapa yang menilai tulisan ini?

Catatan Harian Seorang Guru Blogger

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

13552545071959912817

Catatan Harian Seorang Guru Blogger (Domukentasi Omjay)

Semoga menjelang akhir tahun ini kawan semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Semoga pula di sepanjang tahun 2012 kawan-kawan blogger semua dalam keadaan bahagia bersama keluarga tercinta. Rezekipun mengalir bagai air dan terus keleuar seperti mata air yang tak pernah habis airnya.

Senang rasanya bisa terus berbagi setiap hari di dunia maya. Terus menerus menulis setiap hari di blog. Selalu berbagi dan tak harap kembali. Bagaikan sang surya menyinari dunia. Terus berkibar dan melakukan kegiatan positif di dunia nyata.

Sebagai seorang blogger banyak teman baru yang saya dapatkan. Semua itu membuat saya menjadi saling bersilahturahmi. Bertemu langsung dengan teman-teman dalam dunia nyata. Kita pun menjadi semakin akrab dan saling memberikan informasi yang kita kuasai dan sukai.

Hari ini saya mencoba menyusuri jejak-jejak tulisan saya di belantara internet. Alhamdulillah ternyata telah lebih dari 2500 postingan saya tuliskan dalam dunia maya ini yang tak pernah tidur. Tentu banyak dampak positif yang saya dapatkan dari menulis. Banyak akibat yang saya peroleh. Dampak yang paling terasa adalah banyaknya job atau pekerjaan sebagai sebagai narasumber atau pembicara dalam berbagai seminar, workshop, dan pelatihan.

Hal yang tak terduga adalah terpilihnya saya menjadi salah satu finalis BSM Edua ward 2012 di http://www.syariahmandiri.co.id/bsm-edu/finalis/wijaya-kusumah-s-pd-m-pd/

Tentu itu semua harus saya syukuri. Bila saya bersyukur, Allah akan menambah nikmat itu. saya pun akan berusaha untuk terus menerus memperbaiki kualitas tulisan agar mudah dicerna dan enak dibaca.

Saya berharap ada saran dan masukan dari teman-teman blogger semua terhadap tulisan atau postingan yang telah saya publish. Dengan demikian akan ada umpan balik dari pembaca yang membuat saya akan dapat memperbaiki kualitas tulisan saya di tahun depan.

1355255333971839454

Omjay bersama Ibu Retno di Televisi

Dalam kesempatan ini, saya hanya ingin mengajak anda semua para blogger untuk menulis setiap hari melalui blog. Terutama para guru di Indonesia agar kualitas dan mutu pendidikan kita semakin meningkat. Dengan menulis kita akan dikenal dan dengan menulis pula kita telah memberikan manfaat kepada orang lain. Apalagi bila tulisan kita itu sangat dibutuhkan oleh para pembaca, tentu para pembaca setia blog kita akan berterima kasih kepada kita sebagai pemilik blog.

Blog memang alat rekam yang ajaib. Kehadirannya telah membuat perubahan besar bagi media sosial yang ada di dunia. Semua orang sekarang ini dapat saling memberikan informasi secara langsung. kita pun tak lagi bergantung kepada media arus utama. Sebab setiap orang bisa saja menjadi jurnalis warga yang tulisannya bisa menjadi berita utama halaman ibu kota. Asalkan tulisannya berada pada moment yang tepat dan memikat.

Sering kali saya menulis sesuatu yang ringan-ringan saja. Misalnya tentang keong racun umpamanya. hanya dalam hitungan menit saja, tulisan saya itu sudah di klik oleh ratusan orang. dahsyat sekali ternyata. apalagi ketika saya menuliskan tentang berita sepakbola yang kalah dengan terhormat dari malaysia. Hanya dalam hitungan menit saja, ribuan orang sudah mengklik tulisan saya itu, dan langsung masuk Headline kompasiana. Artinya, bila tulisan kita menarik, dan berada pada moment yang tepat, maka tulisan kita itu akan dibaca dan terbaca banyak orang. mereka akan dengan sendirinya membaca apa yg kita postingkan. jadilah blogger yang menginspirasi semua orang, dan bergabunglah dalam sebuah komunitas blogger. Lalu jadikanlah blog anda menjadi warisan terakhir seorang blogger.

Akhirnya sebagai seorang blogger, saya harus memberikan catatan penting kepada anda semua bahwa ngeblog bukanlah pekerjaan yang sia-sia. akan ada keajaiban blog yang menyertainya. bila anda percaya akan ada penghasilan tambahan dari ngeblog yang mungkin tak pernah anda bayangkan sebelumnya. Hal itulah salah satu keajaiban blog yang akan anda temui, bila anda pandai berbagi dan melakukan promosi.

Jadikan blog sebagai sarana informasi, dan saling bersilahturami antara para blogger agar saling terhubung dan berbagi. Berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk orang lain yang membacanya. hindari, tulisan yang bernada permusuhan dan bernuansa SARA agar kita memiliki banyak teman ketika kopdar dalam dunia nyata. Bukankah menjadi kenikmatan tersendiri bila teman kita bertambah banyak?

1355255109572715412

Guru Bersenjata Blog dan facebook (Dokumentasi Omjay)

salam Blogger Persahabatan

omjay

http://wijayalabs.com

MERETAS PELURU LARA MASA SILAM

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

Mutu Terbaik Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Posted: 11 Dec 2012 12:07 PM PST

1.Apa Itu Manajemen Mutu (ISO 9000)?

Manajemen mutu ISO 9000 adalah komitmen perusahaan untuk menjalankan tata kelola usaha yang terstandarisasi secara internasional melalui sertifikasi dalam bentuk sistem dan prosedur, untuk melindungi setiap proses penciptaan kualitas produk dan jasa, agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan secara konsisten untuk target pasar di dalam negeri maupun di luar negeri.

2.Pentingkah Manajemen Mutu Itu?

Manajemen mutu sangat penting. Karena, manajemen mutu yang konsisten akan memberikan keunggulan kompetitif di pasar lokal dan pasar global. Apalagi sudah ratusan negara di dunia yang mengadopsi standar mutu berdasarkan ISO. Sehingga, bila sebuah perusahaan atau organisasi menjalankan manajemen mutu berstandarkan ISO secara baik, maka perusahaan tersebut berpotensi menghasilkan produk dan jasa dengan kualitas internasional, untuk dapat berkompetisi dan memenuhi harapan pelanggan di pasar lokal dan global.

3.Manajemen Mutu di Indonesia?

Manajemen mutu sudah sangat berkembang di Indonesia. Banyak perusahaan di Indonesia sudah mulai memanfaatkan manajemen mutu sebagai cetak biru untuk meningkatkan sistem mutu organisasinya. Sekarang ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia sangat terobsesi untuk secepatnya mendapatkan standar ISO, untuk bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dalam membangun hubungan bisnis dengan stakeholder di dalam negeri maupun di luar negeri.

4.Pengetahuan Masyarakat Indonesia Soal Manajemen Mutu?

Masyarakat Indonesia secara umum masih banyak yang belum menyadari tentang pentingnya manajemen mutu sebagai alat dalam memenangkan persaingan bisnis di era perdagangan bebas. Sebagian besar perusahaan kecil dan menengah masih melakukan proses bisnis secara sangat tradisional, dan terkesan belum memiliki dukungan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan manajemen mutu yang baik. Hal ini berpotensi menciptakan kualitas produk dan jasa yang tidak berdaya saing secara internasional. Kesadaran untuk melaksanakan manajemen mutu saat ini hanya ada pada korporasi menengah besar dan besar.

5.Bidang Usaha yang Sadar Manajemen Mutu?

Secara umum, semua bidang usaha di Indonesia untuk skala menengah besar dan besar, telah memiliki kesadaran untuk menjalankan manajemen mutu secara baik. Dari pengamatan saya, yang paling banyak menerapkan manajemen mutu adalah sektor manufacturing, perdagangan skala besar, perbankan, asuransi, pertambangan, perkebunan, dan perusahaan-perusahaan atau organisasi lainnya, yang memiliki kepentingan untuk menjaga reputasi dan harga dirinya terhadap stakeholder mereka.

6.Penerapan Manajemen Mutu?

Penerapan manajemen mutu di dunia usaha saat ini masih terkendala kepada kurang profesionalnya perilaku kerja dari sumber daya manusia. Walaupun secara sistem, manajemen, dan kebijakan telah mengadopsi standar mutu ISO; tapi secara kepemimpinan dan manajemen masih perlu lebih disempurnakan. Khususnya, dalam pengembangan psikologis karyawan dan kepemimpinan untuk memiliki etika, integritas, dan etos kerja sesuai budaya organisasinya yang berorientasi mutu dan daya saing.

7.Penerapan Standar Internasional di Perusahaan?

Penerapan standar internasional merupakan hal yang sifatnya wajib buat korporasi-korporasi yang berada dalam pusat aktivitas bisnis internasional. Karena, aliran jasa dan produk secara internasional dalam kegiatan perdagangan tingkat global, telah mensyaratkan standar mutu yang harus dipatuhi oleh setiap korporasi, bila ingin tetap eksis berbisnis di pasar global. Yang saya pahami, mindset dari sebagian besar korporasi, masih berpikir bahwa penerapan standar internasional adalah sebatas untuk dapat memasuki pasar di luar negeri, termasuk juga untuk mendapatkan permodalan dan kemudahan berbisnis dengan pihak di luar negeri. Masih sangat jarang perusahaan atau korporasi yang menjadi lebih responsif melalui manajemen mutu untuk melindungi kekuatan pasar lokalnya. Jadi, semua perhatian masih terfokus untuk melayani pasar luar negeri, dan belum menganggap manajemen mutu itu sangat penting untuk menjaga daya saing dan daya tahan korporasi Indonesia dari ancaman para pesaing global yang coba menguasai pasar lokal Indonesia.

8.Implementasi Mutu Standar Internasional?

Kadang-kadang, saya melihat bahwa implementasi standar internasional masih sebatas formalitas untuk menghadapi kepentingan yang sifatnya sangat situasional, sehingga terkesan seolah-olah penerapan standar internasional hanya untuk menarik minat stakeholder terhadap reputasi dan kredibilitas perusahaan. Tetapi, banyak juga perusahaan yang sudah sangat sadar bahwa standar internasional diperlukan untuk dapat bersaing dalam bisnis global.

9.Korporasi Dengan Standar Internasional?

Sebuah korporasi bisa dikatakan telah berstandar internasional, saat korporasi itu sudah mampu bersaing secara kualitas dengan produk-produk dari perusahaan-perusahaan multinasional dari mancanegara; serta sangat berdisiplin untuk menjalankan prinsip-prinsip good corporate governanace, manajemen mutu, manajemen risiko, dan kepemimpinan yang cerdas berpartisipasi dalam bisnis internasional, untuk membantu meningkatkan skala ekonomi perusahaan yang tidak dapat dicapai sebatas pasar domestik.

10.Produk Lokal Yang Memenuhi Manajemen Mutu?

Sebagian besar manufacturing menengah ke atas di Indonesia sudah menerapkan manajemen mutu untuk produk lokal. Tetapi, saya melihat ada perhatian lebih untuk menjaga kualitas produk lokal yang akan diekspor daripada produk lokal yang akan dijual di pasar lokal di Indonesia. Diskriminasi mutu masih sangat mendominasi mindset pelaku usaha. Dan hal ini, berpotensi menjadi penghambat dalam menguasai pasar domestik dari potensi digeser oleh produk-produk luar negeri.

11.Layanan Jasa Lokal Memenuhi Manajemen Mutu?

Sebagian kecil layanan jasa lokal kita telah memenuhi dan menerapkan manajemen mutu. Tetapi, sebagian besarnya mungkin masih terkendala soal sumber daya manusia, teknologi, dan permodalan. Sehingga, belum tersentuh oleh manajemen mutu.

12.Cara Meningkatkan Mutu?

Para pelaku usaha dapat meningkatkan mutu, dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai manajemen mutu, ke dalam perilaku kerja sumber daya manusia untuk berbudaya mutu tinggi. Perusahaan harus memahami bahwa manusia adalah energi yang dapat menggerakan manajemen mutu secara baik. Tantangannya, manusia juga adalah makhluk praktis yang sulit konsisten, sedangkan standar manajemen mutu merupakan sistem dan prosedur yang tertulis secara formal untuk dipatuhi secara konsisten. Oleh karena itu, proses penyadaran, pencerahan, motivasi, dan penginternalisasian nilai-nilai dari perilaku kerja berbasis manajemen mutu harus dilakukan secara berkelanjutan tanpa boleh terhenti.

13.Maksud Dari Layanan Prima Berkualitas?

Layanan prima artinya perusahaan sudah memiliki sumber daya manusia berorientasi pelayanan prima, teknologi yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan perusahaan, standar mutu layanan yang menjaga kualitas dan kinerja dari produk atau jasa yang dijual; serta kepemimpinan dan manajemen yang peduli kepada harapan, kebutuhan, dan keinginan pelanggan secara berkelanjutan.

14.Memperlakukan Konsumen Sesuai Standar Mutu?

Klien/pelanggan/konsumen selalu membeli karena janji-janji perusahaan melalui iklan dan promosi untuk memenuhi kebutuhan, harapan, dan keinginan mereka secara berkualitas dan sempurna. Jadi, pelanggan tidak begitu peduli dengan semua proses penciptaan kualitas melalui standar mutu. Standar mutu adalah urusan di internal perusahaan untuk dapat menciptakan produk dan jasa bersama layanan kepada pelanggan sesuai janji-janji. Pelanggan hanya selalu ingin diperlakukan secara jujur, adil, etis, bersama sikap baik dalam integritas perusahaan untuk memberikan produk dan jasa yang berkualitas sesuai yang diiklankan.

15.Apakah Pembeli adalah Raja?

Pelanggan bukanlah raja, tapi pelanggan adalah stakeholder yang membuat perusahaan dapat menciptakan nilai tambah dan keuntungan, sehingga perusahaan dapat terus eksis secara berkelanjutan bersama bisnis dan layanannya.

16.Harapan untuk Manajemen Mutu di Indonesia?

Manajemen mutu adalah kunci kemenangan dalam perdagangan bebas secara global. Perusahaan-perusahaan Indonesia sudah harus segera menyesuaikan perilaku kerjanya untuk dapat bersaing dan menjadi pemenang dalam globalisasi ekonomi dan perdagangan. Khususnya, mempersipakan sumber daya perusahaan dengan manajemen mutu yang unggul, agar tetap dapat menjadi pemenang di dalam pasar domestik dari serbuan produk-produk berkualitas yang berharga murah oleh perusahaan-perusahaan dari luar negeri.

Djajendra

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar