Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Sabtu, 28 Juli 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Harapan

Posted: 28 Jul 2012 10:52 AM PDT

REP | 29 July 2012 | 01:10 Dibaca: 5   Komentar: 0   Nihil

"Percayalah dengan hal-hal kecil karena kekuatanmu berada didalamnya"

(Mother Teresa)

Harapan adalah bagian dari ruh yang bersamayam dalam tubuhku. Harapanlah yang merupakan bagian yang berpengaruh dalam keyakinan dihatiku. Karena dengan harapan itulah keyakinan akan terus ada dan keukeuh dalam dasar jiwaku. Dan sedikitpun aku tak akan pernah melepaskan harapan yang ada dalam hatiku saat ini. Karena ketika harapan itu punah. Maka seketika itu pula keyakinan yang selama ini kubangun dalam jiwaku pun akan hancur.

Ya.., harapan yang menjadi ruh paling penting dalam jiwaku akan selalu ku pupuk, meskipun matahari terbit di ufuk barat. Karena harapanlah yang membuatku terus tersenyum meskipun aku menjumpai diriku dalam keterpurukan. Karena harapanlah yang membuat aku terus melangkah meskipun diterpai angin hujan. Karena harapanlah yang membawa keyakinanku untuk menghantarkan diriku ketempat yang aku inginkan.

Harapan tentang cinta, ataupun harapan tentang cita…. Karena harapan adalah hembusan nafas yang selalu keluar melalui rongga hidupku..

Dan dengan harapanlah aku bisa menyaksikanmu tersenyum menanti kepulanganku di setiap sore itu… Dan dengan harapanlah, aku bisa meyakini bahwa kau akan menjalani hidup denganku…. Meskipun harapan itu tak pernah diterima oleh akal pikiranku. Namun, harapan itu punya tempat indah dalam hatiku . Harapan yang selalu bercengkerama sembari merajut cita bersama keyakinan yang selalu menarik langkahku menyusuri hari demi hari…. Dan karena harapanlah…., aku masih mencintaimu…

Siapa yang menilai tulisan ini?

Hikmah Puasa Ramadhan

Posted: 28 Jul 2012 10:52 AM PDT

Oleh Ustaz Syed Hasan Alatas

"Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183)

PUASA menurut syariat ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari,dengan disertai niat ibadah kepada Allah,karena mengharapkan redho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan Taqwa kepada-Nya.

RAMAHDAH bulan yang banyak mengandung Hikmah didalamnya.Alangkah gembiranya hati mereka yang beriman dengan kedatangan bulan Ramadhan. Bukan sahaja telah diarahkan menunaikan Ibadah selama sebulan penuh dengan balasan pahala yang berlipat ganda,malah dibulan Ramadhan Allah telah menurunkan kitab suci al-Quranulkarim,yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia dan untuk membedakan yang benar dengan yang salah.
Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terthindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri, dsb.

Meskipun makanan dan minuman itu halal, kita mengawal diri kita untuk tidak makan dan minum dari semenjak fajar hingga terbenamnya matahari,karena mematuhi perintah Allah.Walaupun isteri kita sendiri, kita tidak mencampurinya diketika masa berpuasa demi mematuhi perintah Allah s.w.t.
Ayat puasa itu dimulai dengan firman Allah:"Wahai orang-orang yang beriman" dan disudahi dengan" Mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa".

Jadi jelaslah bagi kita puasa Ramadhan berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.Untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah kita diberi kesempatan selama sebulan Ramadhan,melatih diri kita,menahan hawa nafsu kita dari makan dan minum,mencampuri isteri,menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang sia-sia,seperti berkata bohong, membuat fitnah dan tipu daya, merasa dengki dan khianat, memecah belah persatuan ummat, dan berbagai perbuatan jahat lainnya.

Rasullah s.a.w.bersabda:
"Bukanlah puasa itu hanya sekedar menghentikan makan dan minum tetapi puasa itu ialah menghentikan omong-omong kosong dan kata-kata kotor."
(H.R.Ibnu Khuzaimah)

Beruntunglah mereka yang dapat berpuasa selama bulan Ramadhan, karena puasa itu bukan sahaja dapat membersihkan Rohani manusia juga akan membersihkan Jasmani manusia itu sendiri, puasa sebagai alat penyembuh yang baik. Semua alat pada tubuh kita senantiasa digunakan, boleh dikatakan alat-alat itu tidak berehat selama 24 jam. Alhamdulillah dengan berpuasa kita dapat merehatkan alat pencernaan kita lebih kurang selama 12 jam setiap harinya. Oleh karena itu dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih teratur dan berkesan.

Perlu diingat ibadah puasa Ramadhan akan membawa faaedah bagi kesehatan
rohani dan jasmani kita bila ditunaikan mengikut panduan yang telah ditetapkan, jika tidak maka hasilnya tidaklah seberapa malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia sahaja.

Allah berfirman yang maksudnya:
"Makan dan minumlah kamu dan janganlah berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (s.al-A'raf:31)

Nabi s.a.w.juga bersabda:
"Kita ini adalah kaum yang makan bila lapar, dan makan tidak kenyang."
Tubuh kita memerlukan makanan yang bergizi mengikut keperluan tubuh kita. Jika kita makan berlebih-lebihan sudah tentu ia akan membawa muzarat kepada kesehatan kita. Boleh menyebabkan badan menjadi gemuk, dengan mengakibatkan kepada sakit jantung, darah tinggi, penyakit kencing manis, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh itu makanlah secara sederhana, terutama sekali ketika berbuka, mudah-mudahan Puasa dibulan Ramadhan akan membawa kesehatan bagi rohani dan jasmani kita. Insy Allah kita akan bertemu kembali.

Allah berfirman yang maksudnya: "Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Quran
pimpinan untuk manusia dan penjelasan keterangan dari pimpinan kebenaran
itu, dan yang memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Barangsiapa menyaksikan (bulan) Ramadhan, hendaklah ia mengerjakan puasa.
(s.al-Baqarah:185)

Rembulan yang Pulang Sebelum Kukenang

Posted: 28 Jul 2012 10:52 AM PDT

Rembulan Pulang Sebelum Kukenang

13434968091760867910
Malam berlabuh di tengah badai dalam hati
Rembulan pulang sebelum kukenang
Bergegas meninggalkan gelap
Menemui Shubuh

Aku kesepian dalam sajak-sajak
Andai fajar tak mendustai
Aku akan tetap pasrah pada garis waktu
Tak akan sembunyi, tak akan lari

Kuremas gemintang di sudut hening mimpi
Saat terbangun dan berwudhu
Mataku setengah terbuka
Melihat Diri

Akan datang padaku wajah Dhuha
Dengan wajah yang gundah
Sehabis pulang menjemput kesenyapan
Dari qunut yang lupa terlafadzkan

Elhida
290712

Fokuslah Pada Kualitas Jangan Kuantitas saja

Posted: 28 Jul 2012 10:52 AM PDT

Di Negara – negara besar kebutuhan sehari-hari mulai semakin mendulang tinggi, terutama pada sektor migas dimana banyak masyarakat yang bergantung sekali pada kebutuhan migas ini, khususnya pada bahan bakar minyak. Kemarin kita sering memakai bahan bakar minyak yang disebut Premium, namun kali ini dari pihak pembuat bahan bakar terbesar di Indonesia saat ini yaitu PT. Pertamina membuat banyak terobosan – terobosan baru, salah satunya adalah produk Pertamax yang saat ini sudah menjadi bahan andalan bagi perusahaan.

Kalau kita flashback ke belakang, banyak yang tidak setuju dengan adanya Pertamax ketika pertama kali di launching oleh PT. Pertamina dikarenakan dari harganya yang memang cukup mahal kalau saya bilang, dan ketika kebijakan pemerintah dalam mengalihkan pengguna bahan bakar premium ke pertamax untuk mobil pribadi banyak menimbulkan kontroversi, namun menurut pandangan saya pribadi hal itu tidak salah juga mengingat keputusan itu diputuskan tidak hanya dalam waktu sekejap tapi membutuhkan pertimbangan -pertimbangan yang cukup banyak dan rumit.

Pertamax sebenarnya bahan bakar yang sudah lama diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena adanya unsur MTBE yang berbahaya di dalamnya. Pertamax mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan Premium meskipun harganya dua kali lipat dari harga premium. Namun semua itu terbayar dengan kualitas yang dihasilkannya.

Apa Saja Keunggulannya ?

  1. Pertamax merupakan suatu bahan bakar mesin yang ramah lingkungan karena tidak mengandung Timbal.
  2. Ditambahkan dengan zat aditif yang berfungsi untuk Intake Valve, Fuel Injector dan Ruang Bakar dari carbon deposit.
  3. Direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi di atas tahun 1990, terutama untuk yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalyc converters.
  4. Memiliki nilai oktan yang lebih tinggi daripada premium yaitu 92.
  5. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain.
  6. Digunakan pada mobil dengan kompresi 9:1 - 10:1

Dari enam hal di atas bisa dikatakan kalau harga pertamax yang lebih tinggi daripada harga premium sebanding dengan apa yang dihasilkannya, sebanding dengan fungsinya. Kalau dilihat dari ke enam fungsi di atas perbedaan yang mencolok tentu pada angka oktannya. Pertamax memilik nilai oktan 92 dengan stabilitas oksidasi yang tinggi, jika dibandingkan dengan premium yang hanya memliki nilai oktan sebesar 88 saja.

Premium jika digunakan akan menimbulkan kotoran pada saringan bensin, banyak endapan yang terbentuk pada bagian tangki dalam bentuk pasir halus yang berwarna cokelat. Menyebabkan mesin akan kasar dan susah dinyalakan ketika dalam kondisi dingin. Dan apabila digunakan pada mesin yang berkompresi tinggi akan menimbulkan knocking.

Berbeda dengan pertamax, meskipun harganya lumayan mahal namun tidak meninggalkan kotoran seperti pada premium karena memang sudah disempurnakan semua bahan - bahan yang ada di dalamnya. Mesin juga akan halus dan mudah hidup meskipun dalam keadaan panas ataupun dingin. Pembakaran yang dihasilkan pun lebih sempurna jika digunakan pada mesin dengan kompresi yang tinggi.

Jadi, tidak selamanya harga yang mahal akan merugikan kita padahal kualitas dan hasilnya memang lebih bagus serta juga bisa membuat awet mesin motor kita. Daripada membeli dengan harga yang lebih murah namun akan membuat mesin motor kita cepat rusak.

"KUALITAS lebih berarti daripada KUANTITAS, karena KUALITAS akan lebih Abadi hasilnya daripada KUANTITAS."

Buat yang jenuh jadi Karyawan

Posted: 28 Jul 2012 10:52 AM PDT

REP | 29 July 2012 | 00:31 Dibaca: 0   Komentar: 0   Nihil

Heru Jatmiko Menulis:
Salam sukses buat temen2 semua…!!!
Menjadi karyawan adalah sebuah profesi sebagian besar dari kita. Rutinitas yang dilakukan sehari-hari di tempat kerja terkadang membuat kita berada pada satu titik jenuh. Terlebih jika pekerjaan sekarang ini sudah kita geluti bertahun-tahun. Kejenuhan pasti datang menghampiri. Ini adalah satu hal yang manusiawi.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat saya sampaikan sekedar untuk memotivasi. Hal ini sering saya sampaikan ke karyawan saya dalam suatu kesempatan kami bertemu.
1. Bekerja pada hakikatnya adalah belajar. Galilah ilmu sedalam-dalamnya dari tiap pekerjaan yang kita geluti. Jadikan pekerjaan kita sebagai alat yang membuat kita lebih maju. Tanamkan dalam pola fikir bahwa bekerja adalah "Belajar yang dibayar"
2. Bekerja pada hakikatnya adalah silaturahmi. Dalam bekerja terjalin hubungan antara sesama karyawan, dengan pemilik perusahaan,dengan atasan dan bawahan. Semakin luas hubungan silaturahmi akan membangun pola fikir positif. Silaturahmi akan membuat kita bertambah maju dan berkembang.
3. Bekerja pada hakikatnya adalah ibadah. Setiap aktifitas pekerjaan yang kita lakukan adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan keluart. Mencari nafkah adalah sebuah ibadah. Insya Allah kita dapet nilai plus. Dapet uang, dapet ilmu, dapet temen, dan Insya Allah dapet pahala jika kita jalani dengan ikhlas…. ‎​
آمِيّنْ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

Salam sukses

Heru Jatmiko
www.astekmesinbakery.com

Siapa yang menilai tulisan ini?
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar