Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Kamis, 19 Juli 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Indonesia dan peringkat FIFA

Posted: 19 Jul 2012 11:05 AM PDT

Sedikit tergelitik dengan ulasan-ulasan yang selalu memojokkan pengurus baru PSSI dibawah komando bpk. Johar Arifin tentang menurunnya peringkat Indonesia di rangking FIFA.

Apakah rekan-rekan mengetahui bahwa peringkat suatu negara adalah akumulasi penjumlahan nilai yang didapat negara tersebut dalam 4 tahun terakhir. Jadi jangan heran dong peringkat kita akan melorot apabila tidak dibarengi dengan melaksanakan serangkaian pertandingan uji coba dengan negara lain yang berpengaruh dalam penambahan peringkat.

Dalam penilaiannya FIFA juga memperhatikan beberapa faktor antara lain : kekuatan lawan, hasil pertandingan(nilai 3 untuk menang dan 1 untuk imbang) dan tingkat kepentingan pertandingan itu sendiri. Selain itu ,untuk zona AFC/CAF sendiri FIFA memberikan nilai 0,86 sebagai faktor pengali.

Dari hasil yang saya dapat dari fifa.com, untuk periode 2012 saja Indonesia sudah mendapatkan point sebanyak 65.32  sudah termasuk hasil melawan Filipina yang mendapatkan nilai 43,86 (kekalahan atas bahrain kita tidak mendapatkan nilai). Harusnya kita menghargai upaya PSSI ditengah konflik tetap berusaha melakoni lagi persahabatan untuk mendapatkan tambahan nilai. Coba kita bandingkan dengan hasil yang kita peroleh pada tahun 2010 yang hanya mendapatkan nilai sebesar 38,68 yang pada masa itu PSSI tidak dalam kondisi runyam seperti saat ini (ane lupa pak NH masih didalam sel atau enggak).

Ane yakin,untuk penghitungan peringkat ditahun 2013 dan 2014, dibarengi dengan usaha PSSI untuk meningkatkan pembinaan usia muda, menggelar pertandingan ujicoba dan terus memperbaiki pelaksanaan  kompetisi ditanah air,  peringkat kita akan bergerak naik.  Tidak drastis menembus 100 besar, tetapi setidaknya akan menunjukkan progres yang positif.

idn

idn

Points Last Month
PHI - IDN 2:2 1 1 52 0.86 43.86
Points outside Ranking calculation
IDN - VIE 1:0 3 1 88 0.86 224.4
IDN - MAS 1:1 1 1 50 0.86 42.5

Points in the past 4 years

Average Weight Avg. Weight
2009 102.18 20% 20.44
2010 38.68 30% 11.6
2011 117.51 50% 58.75
2012 65.32 100% 65.32
Total 156

Perubahan selalu memunculkan berbagai penafsiran, ada yang optimis, skeptis ataupun tidak ambil peduli. Tapi buat kita yang selalu berharap Indonesia dapat berprestasi di sepakbola, optimisme harus selalu dimunculkan. Kita pernah menghentak dunia dengan menahan gempuran Soviet di Olimpiade Melbourne. Apakah kita tidak rindu euforia itu dapat bangkit kembali. Arthur Irawan sudah membantu kita untuk membuka mata dunia bahwa talenta Indonesia dapat bersaing di olahraga ini. Hasil-hasil yang diperoleh adik-adik kami baik itu di kualifikasi Piala Asia usia 22, Gothia Cup, kompetisi Milan Junior,Danone Cup ataupun turnamen-turnamen lain menunjukkan arah pembinaan kita sudah tampak. Tinggal kita meramunya dalam bentuk lanjutan pembinaan berupa kompetisi liga Indonesia yang dijadikan kawah candradimuka untuk mendapatkan pemain untuk timnas senior yang handal. Karena bagaimanapun juga kompetisi yang baik akan menghasilkan pemain yang berkualitas pula.

Pak Nirwan Bakrie sudah punya beberapa klub sepakbola diluar sana (walaupun terkadang unsur titipan lebih mengemuka dibanding prestasi), Pak Erick Tohir juga sudah membuka jalan dengan memberi kesempatan pemain terbaik Indonesia untuk mengecap persaingan MLS bersama DC United. Walaupun harus kita akui sulitnya untuk melepaskan faktor politik dan pencitraan yang selalu mendompleng kemajuan sepakbola kita.

Terlepas dari itu semua, sudah menjadi kewajiban kita selaku penikmat sepakbola untuk melepaskan nilai-nilai primordial belaka. Kesukuan, fanatisme semu dan penyuapan akan selalu menjadi momok dalam sepakbola dan mengaburkan nilai fairplay yang ditanamkan didalamnya.

So….biarlah para pemimpin PSSI periode 2011-2015 bekerja dan kita hasilnya dalam 3 tahun kedepan.

Tak lupa pula ane mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1433 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Orang-Orang Ini Boleh Tidak Berpuasa

Posted: 19 Jul 2012 11:05 AM PDT

Ya, orang-orang ini boleh tidak berpuasa di bulan Ramadhan.  Jika Anda termasuk orang-orang ini, jangan ragu untuk berbuka. Mengapa begitu? Karena ini adalah keringanan dari Allah sebagai bentuk kasih sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Btw, siapa sajakah mereka itu? Mereka adalah:

1. Orang yang sakit.

Siapa yang sakit dan ia khawatir penyakit yang dideritanya bertambah parah karena berpuasa atau menjadi susah sembuh, atau malah bisa mengakibatkan kematian, maka boleh baginya tidak berpuasa.

Allah عز وجل berfirman: "Maka barang siapa di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-Baqarah:184)

2. Musafir

Siapa  yang melakukan perjalanan jauh, boleh baginya untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan.

Apa dalilnya? Ayat di atas dan juga hadits Hamzah bin 'Amr Al-Aslami. Ia berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إنِّي أَجِدُ فِي قُوَّةً عَلَى الصِّيَامِ فِي السَّفَرِ .

فَهَلْ عَلَيَّ جُنَاحٌ ؟

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku kuat untuk berpuasa dalam safar, apakah boleh bagiku (untuk berpuasa)? "

Beliau pun menjawab:

هِيَ رُخْصَةٌ مِنْ اللَّهِ ، فَمَنْ أَخَذَ بِهَا فَحَسَنٌ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَصُومَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ }

"Itu keringanan dari Allah. Siapa yang mengambilnya, maka itu bagus. Akan tetapi siapa yang suka untuk berpuasa, maka tak mengapa. " (HR. Muslim no. 1891 Maktabah Syamilah)

3. Wanita haid dan nifas

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

أَلَيْسَ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ فَذَلِكَ نُقْصَانُ دِينِهَا

"Bukankah wanita bila haid tidak shalat dan berpuasa? Mereka para wanita menjawab, "Tentu. " (HR.Bukhari no. 1815 Maktabah Syamilah)

Wanita yang haid dan nifas bukan cuma boleh tidak berpuasa, bahkan wajib baginya untuk tidak puasa. Karena itu, para ulama telah sepakat bahwa wanita yang haid dan nifas tidak dibolehkan untuk berpuasa, kalaupun ia tetap berpuasa, maka puasanya tetap tidak sah.

4. Orang yang sudah lanjut usia

'Atha bin Abi Rabah mendengar Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما membaca ayat: "Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankan puasa, (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin." (QS.Al-Baqarah:184) Berkata Ibnu 'Abbas:

لَيْسَتْ بِمَنْسُوخَةٍ هُوَ الشَّيْخُ الْكَبِيرُ وَالْمَرْأَةُ الْكَبِيرَةُ لَا يَسْتَطِيعَانِ أَنْ يَصُومَا فَيُطْعِمَانِ مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ مِسْكِينًا

"Ayat ini tidak mansukh (dihapus) hukumnya, ia untuk lelaki dan perempuan lanjut usia yang tidak mampu untuk berpuasa, maka hendaknya keduanya memberi makan setiap harinya seorang miskin. " (HR. Bukhari no. 4145)

5. Wanita hamil dan menyusui

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنْ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلَاةِ وَالصِّيَامَ وَعَنْ الْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ

"Sesungguhnya Allah 'Azza Wa Jalla menggugurkan setengah shalat dan puasa atas musafir,  orang hamil dan menyusui. " (HR.An-Nasai no. 2238)

Inilah orang-orang yang mendapat keringanan dari Allah untuk tidak berpuasa di bulan suci ini. Maka, sekali lagi, jika Anda termasuk golongan ini, silahkan ambil keringanan Allah ini, itu baik. Tapi kalau tidak mau mengambilnya, ya tak mengapa…. Mudah bukan, islam itu?

Sumber:

1. Subulussalam karya Imam Ash-Shan'ani (Maktabah Syamilah)

2. Al-Adillaturradhiyyah Li Matni Ad-Duraril Bahiyyah Fii Al-Masail Al-Fiqhiyyah Terbitan Darul Fikr cetakan Pertama Lebanon

Keluarga Sakinah: Apakah Sah Puasa Tanpa Sahur?

Posted: 19 Jul 2012 11:05 AM PDT

"Mami, apakah sah puasa orang tanpa sahur?" tanya Michael Corleone pada Pingkan.

"Waduh, kita, eh, Mami kurang tahu. Coba tanya Abah…" sahut Pingkan sambil memeluk Michael.

Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar bahwa Rasullullah bersabda: "Sesunguhnya Allah dan Malaikat-Nya memberikan ampunan bagi orang yang makan sahur." Jadi sahur memiliki nilai keutamaan.

Di dalam sahur itu terdapat berbagai keutamaan. Keutamaan sahur ini disepakati oleh semua ulama dan sahur dianggap mustahab. Sahur, atau sehri asal makna sebenarnya adalah menyantap makanan sesaat sebelum terbit fajar menyingsing.

"Kapan waktu sahur mulainya?" tanya Pingkan.

Waktu sahur adalah separoh malam setelah tengah malam atau mirquat. Malam hari itu terbagi menjadi enam bagian. Jadi bagian terakhir dari keenam waktu itu adalah dua jam sebelum fajar menyingsing. Itu waktu yang tepat untuk sahur.

Waktu sahur paling utama adalah mendekati waktu fajar menyingsing. Keutamaan sahur ini disebutkan dalam hadist, Rasullullah berkata: "Perbedaan puasa kita dengan puasa Ahlul Kitab adalah kita menyantap sahur, sementara mereka tidak menyantap sahur."

Menurut Ibnu Hajar, keutamaan sahur itu antara lain: (1) sahur itu sunah Rasul, (2) pembeda puasa umat Islam dengan ahlul kitab, (3) menguatkan ibadah yang akan dijalankan pada bulan Ramadhan, (4) meningkatkan keikhlasan ibadah, (5) dengan sahur mengurangi sifat kemarahan, yang biasanya timbul karena lapar, (6) sahur adalah waktu di mana doa dikabulkan, (7) waktu sahur memberi kesempatan ingat pada Allah (dzikir) dan berdoa.

Nah kalau memang berniat tidak sahur, sebelum tidur harus berniat untuk puasa. Karena kalau puasa tidak ada niat puasanya tidak bernilai sebagai puasa yang sempurna.

"Terima kasih Abah. Panjang bener penjelasannya. Apa intinya Abah?" tanya Michael Corleone pada Dai.

"Intinya adalah sebaiknya sahur dilakukan. Lebih utama," pungkas Dai.

"Ah sahur jam berapa nanti Mami?" tanya John Corleone.

"Nanti pukul 04:00 Mami bangunkan ya!" sahut Pingkan dan Cut cantik hampir bersamaan.

Dia Seperti Pedang

Posted: 19 Jul 2012 11:05 AM PDT

bisu bekerja.
saat telapak telapak kaki besar kecil bergantian membesuk.
keadaan tak berubah.
hanya hilir mudik tiap pria wanita bersalaman dan saling beradu pipi.
di dalam sana, ada amukan hati yang tidak tahu rasanya lelah.
keluhnya makin tenggelam oleh raga yang sudah kalah.
isak tak berhenti.
pilu mendengarnya.
seperti kelopak terlepas dari tangkainya, ada lubang. lubang di ulu jantung.
anak laki laki itu tidak terisak lagi.
hatinya jauh lebih siap dari tempa sang Empu Keris.
bibirnya hanya membungkam gemuruh tanpa cacat.
di kanan kirinya air mata tak menjadi harta mahal yang layak disimpan.
peluh hanya menjadi sungai yang akhirnya bermuara di dagu.
yang ia hadapi adalah kepulangan yang terlalu cepat.
aku belum siap.
dan bahtera ini, harus didayung lebih kuat.
tapi pelaut punya banyak awak.
sepinya tak hanya punya laut, tapi juga punya tepian pantai.

*untuk abangku terkasih :) semangat selalu.. Tuhan Yesus berkati..

Bagaimana Mungkin Mama

Posted: 19 Jul 2012 11:05 AM PDT

smart n active people whose love my activity.. hate "bored" word, suka dunia baru, music lovers, novel lovers,sport lovers n lovely travelling .. like a medicine world ^_^ "pharmacy. . hard to start. .Also Hard To forget . . loph u "

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar