Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Rabu, 27 Februari 2013 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


#AksiJakartaBersih

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

REP | 28 February 2013 | 02:13 Dibaca: 8   Komentar: 0   Nihil

Banjir telah meluluh-lantakan Jakarta pada medio Januari 2013. Banyak aktivitas masyarakat Jakarta yang terganggu, baik individu-individu maupun perusahaan, baik rumah-rumah, fasilitas umum seperti jalan serta fasilitas usaha. Hal tersebut menyebabkan Jakarta nyaris lumpuh.

Para relawan pendukung Jokowi Basuki pada saat pilkada DKI Jakarta, merasa tersentuh untuk turun tangan dalam meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah banjir. Para relawan, baik secara pribadi maupun kelompok bergerak mengumpulkan logistik bantuan dan mendistribusikannya kepada para korban banjir. Sebagian Relawan kemudian berkumpul di Balaikota dan membentuk Posko Jakarta Baru Cepat Tanggap (JB CT), yang selanjutnya juga menghimpun bantuan dan mendistribusikannya.

Saat ini, sebagian besar dari pemukiman sudah mulai kering dari banjir, yang tersisa adalah sampah yang menumpuk karena terbawa arus deras banjir. Hal tersebut akan menimbulkan problema baru, yaitu penyakit bagi para korban pada wilayah yang terkena musibah banjir.

Berangkat dari kondisi ini, kami, relawan Jakarta Baru Cepat Tanggap (JB CT), berinisiatif melakukan sebuah kegiatan yang kami harapkan berdampak positif kepada masyarakat, yaitu masyarakat  menjadi peduli dengan kebersihan lingkungan rumah dan tentunya berdampak pula kepada kebersihan kota Jakarta. Kegiatan ini kami namakan Aksi Jakarta Bersih (AJB), suatu gerakan provokasi untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong membersihkan sampah di lingkungan yang baru saja terkena  banjir di wilayah Jakarta.

Kegiatan ini akan disertai kampanye sadar kebersihan, sadar membuang sampah pada tempatnya, sadar kebersihan lingkungan, sehingga seluruh warga Jakarta memiliki kesadaran yang sama, kesadaran preventif terhadap ancaman banjir dikemudian hari.

Kegiatan Aksi Jakarta Bersih ini diadakan setiap hari Minggu mulai dari tanggal 3 Februari 2013 yang berlokasi di Penjaringan dan Lagoa (Jakarta Utara). Tanggal 10 Februari 2013 yang berlokasi di Pekojan dan Duri Selatan (Jakarta Barat). Tanggal 17 Februari 2013 yang berlokasi di Cipinang Bali dan Kampung Gedong (Jakarta Timur). Tanggal 24 Februari 2013 yang berlokasi di Radio Dalam (Jakarta Selatan), dan terakhir dilaksanakan tanggal 3 Maret 2013 yg berlokasi di Jakarta Pusat.

Kegiatan Aksi Jakarta Bersih ini didukung penuh oleh bapak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Setiap minggu beliau sudah mengosongkan jadwalnya untuk meninjau dan menghadiri kegiatan Aksi Jakarta Bersih. Selain menghadiri kegiatan ini, beliau juga selalu blusukan sambil memberikan bantuan logistik kepada para warga di lokasi Aksi Jakarta Bersih. Pak Jokowi cuma baru absen sekali dalam kegiatan Aksi Jakarta Bersih karena sakit.

Semoga kegiatan Aksi Jakarta Bersih mampu membangkitkan dan membangun kembali semangat gotong royong antara warga dalam menyelesaikan sebuah permasalahan sosial kemasyarakatan, salah satu bentuknya adalah persoalan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk Info Resmi tentang kegiatan #AksiJakartaBersih, follow @Nu_JaV (Twitter), Komunitas Membangun Jakarta Baru (Facebook)

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan mengomentari artikel ini, GbU always dan salam Jakarta Baru semua.

Ketika Ku teringat dengan Selayar, Pulau itu…

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

Masih teringat pada akhir tahun 2006 saat mendengar ada SK mutasi. Untuk pertama kalinya aku akan ditempatkan di daerah di luar jawa. Rasa kaget semakin menjadi saat mendengar kalau kantor yang akan di tuju ada di kota benteng kab. Selayar. Duh dimana ya tempatnya??? Pikirku penuh tanya seraya mengetik keyboard komputer untuk searching di 'om' google. Tak berapa lama hasil pencarian google pun keluar, ternyata Kota benteng ada di sebuah pulau di Provinsi Sulawesi Selatan yang bernama Pulau Selayar. Dag.. dig.. dug.. ada rasa sedih karena harus meninggalkan pulau jawa, tetapi aku bukanlah satu-satunya yang dipindahkan menuju tempat kerja yang baru. Ada lebih dari 200an orang lulusan prodip yang akan ditempatkan diseluruh kantor daerah yang ada di Indonesia. Ada yang di Masohi, Sangitalaud, Bau-Bau, Watampone, Marisa, Mamuju, dan banyak lagi tempat yang tak kukenal. Wah ternyata nasib kami semua sama, ditempatkan di daerah yang jauh dari sabang sampai merauke, bahkan sampai ada yang terpencil seperti aku ini. Sepertinya hanya 3 atau 4 orang dari angkatan kami yang ditempatkan di jawa, entah apa alasannya.

13619914581512534945

Tapi, ya sudahlah, tugas harus dijalankan, lagipula jaman sekarang kan susah cari kerjaan. Alhamdulillah masih bisa gajian walaupun jauh dari kampung halaman. Akhirnya pada awal Januari 2007, berangkatlah seorang pemuda yang masih lajang ini menuju tempat yang benar-benar baru, walaupun tak sendirian, karena ternyata ada 2 teman yang juga mengalami takdir yang sama. Berangkat dari Bandara soekarno Hatta dengan diantar teman-teman waktu kuliah dan yang paling spesial adalah pacar yang juga ikut mengantarkan. (teman-teman aku sayang kalian semua, kapan kumpul lagi). Pengalaman naik pesawat menuju bandara Hasanudin Makassar untuk pertama kalinya benar-benar sangat menegangkan walaupun aku mencoba untuk tetap kelihatan tenang. Terlebih saat pesawat mau lepas landas, rasanya benar-benar wow. Tak lama menikmati langit, akupun tertidur. Perjalanan pesawat lebih dari satu jam tidak terasa dan ada perbedaan waktu antara makassar dan Jakarta. Ketika akan mendekati pulau Sulawesi aku terbangun dan memandang ke bawah dari jendela pesawat, rasanya kaget karena melihat keindahan pantai dan gugusan karang yang terlihat sangat menawan dari udara.

Sampai di bandara lalu naik carteran bersama 4 atau 5 orang (sudah agak lupa soalnya) menuju rumah orang tua Ibu kepala seksi waktu masih ngantor di jakarta. Sebelum kami berangkat, ditawari untuk menginap semalam disana (makasih ya Ibu kepala seksi, semoga selalu sehat dan banyak rejeki). Setelah beristirahat dan tidur dengan nyenyak, pada pagi harinya, aku dan temanku menuju terminal Malangkeri untuk naik bus menuju ke selayar. Bus yang digunakan adalah bis yang besar dan ber-ac. Bus berangkat jam 7 pagi WITA, perjalanan pun dimulai dan saya pun agak sedikit syok saat bus sudah meninggalkan kota makassar, karena beberapa jam setelah itu yang mulai terlihat adalah rumah panggung. Selama ini aku hanya melihat rumah panggung di gambar ataupun di layar televisi. Baru kali ini aku melihatnya secara langsung dan nanti aku akan menyaksikan lebih banyak saat sampai di selayar. Bus berhenti di suatu tempat (sudah lupa namanya), disana penumpang dipersilahkan istirahat untuk makan. Ada konro, Coto, ikan bakar, dll yang disajikan sebagai menu. Setelah semua selesai, penumpang kembali ke bus dan perjalanan pun dilanjutkan. Sekitar pukul 14.00 WITA kami sampai dipelabuhan bulukumba untuk naik kapal ferry yang menuju pulau Selayar.

Kaget, untuk pertama kalinya naik kapal laut. Buspun masuk dilambung kapal, ada 2 bus besar termasuk bus yang kutumpangi. Adapula bus kecil yang membawa bawan yang sangat banyak, dan lebih kaget saat melihat motor diikat dibelakang bus. Benar-benar pertama kali melihatnya. Di kapal juga banyak penumpang yang membawa motor dan mobil pribadi. Saat semuanya sudah penuh dan sauh sudah diangkat, kapalpun berangkat. Harapanku aku tidak mabuk laut dan rupanya harapan itu terkabul. Aku mencoba menikmati perjalanan selama kurang lebih 2 - 3 jam itu dengan memandangi laut. Subhanallah, ternyata laut itu sangat indah. Ada beberapa pulau kecil yang dilewati seperti Pulau kambing salah satunya sebelum akhirnya sampai di dermaga Pulau Selayar. Di dermaga, bus kecil-besar, motor dan mobil pribadi pun keluar untuk selanjutnya meneruskan perjalanan. Ternyata kota selayar masih harus ditempuh sekitar 2 jam dengan bus. Aroma kaget masih belum hilang, karena kini yang terlihat di Pulau selayar adalah tanah berbatu. Rupanya selayar adalah pulau berbatu dan di sepanjang jalan nampak banyak rumah panggung. Jadi penasaran seperti apakah kotanya.

Bersambung

Halaman Pertama Essai Anas di Tahun 1998

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

1361988555382726166

Halaman Pertama Essai Anas di Jurnal Madani Tahun 1998. Sumber : http://dwikisetiyawan.files.wordpress.com/

Anas Urbaningrum, seorang aktivis Mahasiswa yang dilahirkan dari rahim reformasi 1998. Seorang tokoh muda yang diharapkan menjadi pemimpin bangsa masa depan. Sebagai mantan Ketua Umum PB-HMI, pemikirannya tentang merajut Indonesia masa depan tidak diragukan lagi. Namun, langkah untuk mengimplementasikan gagasannya,  terhenti sementara terkait prahara di Internal Partai Demokrat. Melihat tulisan Anas Urbaningrum  di awal era reformasi, terlihat visinya yang sangat kuat untuk merubah Indonesia. Berikut halaman pertama sebuah essai Anas Urbaningrum ketika masih menjabat Ketua Umum PB. HMI, yang dimuat Jurnal Madani tahun 1998, dengan judul :

Gerakan Mahasiswa 1998 dan Pembangunan Civil Society

Oleh : Anas Urbaningrum

Sumber : http://dwikisetiyawan.files.wordpress.com

Sejarah baru politik Mahasiswa telah lahir. Bersamaan dengan Turunnya Soeharto, 21 Mei 1998, terbangun monumen historis yang di ukir oleh Mahasiswa Indonesia. Meskipun barangkali tak perlu disebut sebagai angkatan 1998. Fakta tak dapat ditampik bahwa Mahasiswa pada penghujung akhir dasawarsa ini telah menorehkan tinta emas menghantarkan negeri ini memasuki era baru, era reformasi setelah sukses memaksakan pergantian orde baru yang korup. Dari rahim gerakan yang dikreasi mahasiswa telah lahir bayi sejarah baru. Pintu jaman baru telah dibuka.

Gerakan Mahasiswa 1998 sesungguhnya adalah "Pemberontakan" intelektual yang paling dramatis dan otentik dalam sejarah Indonesia. Mengapa saya katakan demikian? Gerakan Mahasiswa 1998 mampu mematahkan mitologi politik bahwa syarat keberhasilan gerakan mahasiswa adalah aliansi atau bahkan dukungan militer. Sebagai mana pernah terjadi pada tahun 1996. Pada tahun 1966, militer mendorong, mendukung, dan "memanfaatkan" gerakan mahasiswa untuk membubarkan PKI dan menjatuhkan rezim Soekarno. Militer tampil di depan, karena secara ideologis, militer termasuk kelompok yang paling fasih menentang ideologi komunis. Bagi Mahasiswa, militer dipahami sebagai kawan strategis. Sedangkan bagi militer, mahasiswa hanya menjadi kawan taktis. Buktinya, beberapa tahun setelah itu mahasiswa sudah ditendang dan dipinggirkan. Dan Pemerintahan rezim Soeharto berjalan dengan pilar-pilar birokrat, teknokrat dan militer yang semakin lama semakin jauh dan bertentangan dengan semangat kelahiran orde baru dan moralitas kampus (mahasiswa).

Sementara gerakan Mahasiswa 1998 ditandai oleh sikap militer yang ragu-ragu, justru pada detik-detik terakhir militer masih mempunyai garis lurus loyalitas kepada Soeharto. Bahkan ketika Soeharto berhenti, Jenderal Wiranto menegaskan perlindungannya kepada Soeharto dan keluarganya….

ooooOoooo

Menelaah halaman pertama  essai Anas Urbaningrum, yang disusun ketika masih berstatus Mahasiswa sangat relevan dengan kekinian. Reformasi telah kehilangan ruhnya. Indonesia dalam keadaan "Darurat Moral dan Politik" kembali, karena berbagai kasus korupsi dan penyalahgunaan kewenangan kekuasaaan.

Tulisan menggambarkan karakter seseorang. Dengan memahami tulisan dimasa lalunya, akan memberikan gambaran kepada kita tentang paradigma, sikap dan prilakunya. Dan, dengan kasus yang mendera Anas Urbaningrum saat ini yang menjadi tersangka KPK, sulit rasanya memahami logika dengan kondisinya sekarang. Namun saya lebih cenderung percaya, Anas memang sedang di dzalimi secara politik. Tidak semata-mata karena kasus hukum.

Tidak sulit bagi Anas untuk menulis halaman kedua dari Essai yang akan segera disusunnya kembali…Selamat menulis Mas Anas, berikan penjelasan kepada rakyat yang sebenar-benarnya dihalaman-halaman berikutnya.

Muhammad Ridwan

www.mediawarga.blogspot.com

www.tulisanaridwan.blogspot.com

DUNIA PENDIDIKKAN JANGAN JADI AKAR KKN

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

malam ini aku berpikir banyak dengan intrapersonal ku, aku masih berpikir tentang mereka dan naluriku mancapai pada satu kekesalan pada sistem yang ada.

Arti penting transparansi pendidikkan.

Pendidikkan adalah sebuah cara manusia untuk mendapatkan pemahaman, bukan sekedar tahu tapi akhlak dan moral menjadi prioritas dan orientasi utama, pendidikkan beriringan dengan system yang berlaku, baik buruknya output tergantung atas system yang berjalan. Dibalik sebuah system sederhana ini banyak hal yang harus menjadi sebuah pertimbangan, diantaranya :

· Pendidikkan bukan result oriented tapi proces oriented

· Pendidik adalah bukan menjadi sebuah tuntutan profesi tapi tuntutan nurani dan panggilan jiwa (idealisme)

· Realitas pendidikkan bukan cermin keburukkan tapi harus menjadi akar perbaikan perubahan dan sarana rehabilitasi moral

· Spesifikasi nilai adalah hal terpenting dalam mencerminkan kemampuan pelajar bukan gambaran deret akngak kosong.

· Nilai yang ada tidak untuk berjalan di ekternal karena tidak mencerminkan kemampuan utuh seseorang dalam kata lain banyak faktor mendapatkan nilai.

· Perbandingan objektifitas dan subyektifitas tidak lebih dari 70 : 30.

· Pendidikkan bukan sarana pembentukkan akar KKN

Banyak hal yang belum saya tuliskan, dan identifikasi masalah diatas adalah sebagian dari banyak masalah yang hadir dalam pendidikkan. Pendidikkan bukan sebuah ajang sebatas membentuk IT tapi adalah sumber perubahan secara menyeluruh dari berbagai sub bidang baik ekonomi, politik, social, agama, budaya.

Dalam sebuah konsep teori atribusi dikatakan bahwa yaitu Teori atribusi yang dikembangkan oleh Bernard Weiner dalam lingkungan pendidikan menitik beratkan pada :

1. Pengaruh hasil perbuatan berupa keberhasilan dan kegagalan.

2. Memberikan suatu kerangka kerja untuk melakukan analisa terhadap interaksi guru dan peserta didik di kelas.

Model pembelajaran langsung dalam teori ini merupakan model pembelajaran yang sering digunakan oleh sebagian besar Guru. Menurut Arends(1997), pembelajaran langsung disajikan dalam lima tahap,yaitu:"(1)penyampaian tujuan pembelajaran,(2)mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan,(3)pemberian latihan terbimbing,(4) mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik,(5)pemberian perluasan latihan dan pemindahan ilmu. Penerapan Teori Atribusi Weiner dalam pembelajaran langsung dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada peserta didik agar mengembangkan lingkungan proaktif yang positif. Dengan kata lain suasana pembelajaran menjadi berpusat pada peserta didik (student oriented).

Transparansi yang hadir dan dimaksud disini adalah sebuah proses yang digunakan untuk memberikan gambaran secara jelas tentang hasil sebuah peniaian yang diberikan oleh pengajar dengan tujuan agar siswa atau peserta didik tidak memiliki kecemburuan social karena peran nilai yang saat ini sebagai symbol social yang prestisius. Seleksi tenaga pengajar adalah cara terbaik yang harus digunakan dalam perbaikan dunia pendidikkan, semakin meningkatnya lulusan keguruan malah menjadi boomerang bagi pendidikkan yang ada, banyak system tidak teratur, banyak yang menjadikan guru sebagai profesi, padahal makna alamiahnya adalah pendidik dan profesi itu adalah dua hal yang berbeda, jika etika dan profesionalisme terus berdampingan, hal ini akan menjadi preverensi output yang berada pada garis degredasi moral.

Pendidikkan adalah sumber manusia kreatif penerus perubahan, bukan penerus degredasi moral, tidak melambungkan etikanya demi sebuah gelar atau makna symbol social lainnya. Itu adalah bentuk ketercapaian pendidikkan.

membangun adalah cara yang harus dengan berani berpikir besar "imajinasi"

5 Cara untuk Berbicara

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

Berikit ini tips sederhananya;

Sebab Bicara

Tentunya ini menjadi keharusan bagi siapa saja yang ingin mengeluarkan perkataannya, mengetahui alasan kenapa harus bicara. Terkadang ada seseorang berbicara dihadapan publik tidak mengetahui maksud yang ingin disampaikan, hanya asal bicara, sekedar mendapat perhatian dari yang lain. Akibatnya, tidak ada isi pembicaraan. Sebelum berbicara, seseorang harus mengetahui kenapa ia berbicara, isi pembicaraan, sistimatisasi penyampaian, dan kepada siapa harus disampaikan.

Waktu Bicara

Disini dimaksudkan agar si pembicara tidak memiliki kesan melakukan pembicaraan satu arah,. Sedangkan lawan bicara kita tidak diberikan waktu untuk menanggapi pembicaran yang disampaikan. Selain berbicara, kita juga harus menjadi pendengar yang baik.

Berbicara dengan Malihat Kondisi

Maksud yang baik jika disampaikan pada saat kondisi yang kurang pas, akan kacau jadinya. Semisal, seseorang mengutarakan isi hatinya yang sudah lama dipendam pada wanita pujaannya, saat si wanita baru kena musibah. Walaupun si wanita sebenarnya juga menyukainya, pasti si wanita tidak akan menaggapinya, bahkan mungkin akan marah, karena si pria seoalah tidak memiliki rasa pengertian akibat musibah yang dideritanya. Maka kondisi yang pas dan kondusif, merupakan penentu pencapaian maksud pembicaraan.

Mengukur Pembicaraan

Agar maksud pembicaraan dapat ditangkap dengan jelas, maka sebaiknya topik pembicaraan tidak melebar ke hal-hal lain diluar topik utama. Selain itu, si pembicara menghindari menggunakan kata-kata yang tidak dimengerti oleh lawan bicara.

Tempat Bicara

Ada perbedaan penyampaian di tempat yang berbeda. Apakah pembicara menyampaikan saat bertamu, atau dihadapan publik seperti rapat-rapat, seminar, dan ruang terbuka seperti kampanye. Tentunya akan berbeda jika si pembicara di ruang seminar yang lebih analitis, dengan saat kampanye yang harus memilih kata-kata yang membakar semangat.

Bagaimana menurut anda? Semoga bermanfaat….

Luxor: Napak Tilas Peninggalan Fir’aun Yang Mencengangkan (Part III)

Posted: 27 Feb 2013 11:20 AM PST

136198970695829770

Nil Aswan / Doc. Pribadi

Pagi ini saya harus mengemasi barang bawaan, sarapan kali ini lebih siang dibanding hari sebelumnya. Saya langsung menuju ke restoran sambil membawa koper, dan petugas hotel sudah menunggu kami untuk menerima kembali kunci kamar.

Tepat jam 09.00 bis bergerak menuju kota Aswan, sebuah kota berpenduduk 290,327 jiwa yang mempunyai tempat wisata menarik, tidak kalah menariknya dengan Luxor, Kairo ataupun Alexandria. Aswan adalah salah satu kota di Mesir bagian utara atau biasa disebut Upper Egypt. kota ini juga berbatasan langsung dengan negara Sudan.

Dijadwal yang saya pegang, rombongan baru akan sampai kota Aswan pada sore hari, karena sepanjang perjalanan menuju kesana, kami masih akan mampir ke dua lokasi yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata sebelumnya.

Rasanya mata ini tidak sanggup untuk dipejamkan, kepala yang tidak henti-hentinya menoleh ke kanan dani kiri sepanjang perjalanan, bagaimana tidak, pemandangan yang indah selalu tersaji, Sungai Nil yang biru dihiasi perahu layar putih, bukit batu indah yang menguning dan sawah yang sangat subur silih berganti memanjakan mata.

13619892851645641282

Edfu Temple / Doc. Pribadi

Sampai Akhirnya kami telah sampai di tujuan pertama pada tengah siang hari,  Edfu Temple menjadi obyek wisata terdekat dari perjalanan Luxor-Aswan. Kuil ini terletak ditepi barat sungai Nil di kota Edfu sekitar 105 KM sebelum kota Aswan.

Kuil ini didirikan untuk menyembah dewa Horus, Horus adalah salah satu dewa tertua di dalam agama Mesir kuno, digambarkan dengan burung elang, jika merujuk pada gambar yang di pahat indah dikuil, dewa Horus digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala elang, dipercaya sebagai dewa matahari, perang dan pelindung.

Bagian depan bangunan utamanya adalah pintu gerbang menjulang tinggi, diapit benteng yang lebih tinggi lagi di kanan-kirinya. Tepat didepan pintu gerbang terdapat Dua patung berbentuk burung elang. Bagian dalam Edfu Temple cukup gelap. Ini karena bagian atas kuil tersebut tertutup rapat, berbeda dengan Karnak Temple dan Luxor Temple yang tidak memiliki atap. Di dinding-dinding kuil ini, banyak terukir cerita tentang Dewa Horus dan beberapa dewa lainnya. Yang paling mencolok adalah gambaran tentang iid al-liqaa' al-jamiil (perayaan bertautnya dua cinta), dimana menunjukkan bertemunya Dewa Horus dan istrinya yang bernama Hathur. Gambaran lain, seperti yang terukir di atap Edfu Temple adalah betapa cantiknya salah satu sesembahan orang Mesir kuno, Dewi Nut.

Jam dua siang kami melanjutkan perjalanan , Kom Ambo Temple mejadi tujuan selanjutnya, Sebuah Kuil yang berdiri kokoh di Km 45 perjalanan Edfu-Aswan ini terlihat anggun berada di dataran tinggi di tepian sungai Nil yang mengalir dari selatan ke utara.

13619893721694743843

Kom Ambo Temple / Doc. Pribadi

Kum Ambo merupakan kuil yang unik, karena mempunyai Dua desain yang berbeda, disebelah selatan didedikasikan untuk dewa yang bernama Sobek, dewa kesuburan dan pencipta, digambarkan seorang lelaki berkepala buaya, sementara itu disebelah utara didedikasikan untuk dewa elang Haroeris, juga terkenal dengan sebutan Horus The Elder.

Hampir jam Lima sore kami baru memasuki kota Aswan,  semua orang berdecak kagum melihat indahnya kota yang tampak dari jendela bus, kota yang rapi, bersih dan mempunyai pemandangan indah karena jalannya menyisiri sungai Nil, banyaknya pelahu layar dan boat yang memenuhi sungai Nil membuat kota ini terlihat cantik.

Alhamdulillah, hotel Sarah yang kami tempati jauh lebih baik dari hotel yang ada di Luxor, dikamar 217 yang saya tempati mempunyai view indah yang menghadap langsung ke sungai Nil, setelah mandi saya langsung menuju restoran yang terletak di lantai satu, makan sambil berfikir mau kemana setelah ini, karena dijadwal agenda selanjutnya adalah istirahat karena besok perjalanan akan dimulai jam Dua dini hari.

1361989582299950382

View From Hotel / Doc. Pribadi

Menurut saya sangat sayang jika waktu tidak dipergunakan sebaik-baiknya, Selagi di kota Aswan tidak boleh hanya berpindah tidur. Meski dekat dengan sungai Nil, ternyata untuk mencapai Kornis (tepian sungai) cukup jauh dan harus menggunakan kendaraan, karena hotel Sarah berada diatas bukit.

Dengan menggunakan angkutan umum sampai juga di kornis Nil, yang membuat heran, ongkos angkutan masih sangat murah hanya setengah Pound Mesir.  kornis Nil cukup ramai, Sungainya terlihat menawan dengan sinaran lampu-lampu yang ada di sepanjang jalan, namun menurut saya sungai Nil di Kairo lebih indah dibanding Aswan pada malam hari.  meski jika disiang hari Aswan belum ada yang menandingi.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 22.30, dengan kendaraan umum saya kembali kehotel untuk istirahat, karena jam satu malam saya harus sudah siap untuk melanjutkan perjalanan ke Abu Simbel yang berada di dekat perbatasan antara Mesir dan Sudan.

13619896371953902447

Kornis Nil / Doc. Pribadi

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar