Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Minggu, 13 Oktober 2013 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


Serikat Buruh sebagai Sebuah Kajian

Posted: 13 Oct 2013 11:19 AM PDT

Serikat buruh adalah basis organisasi kaum buruh dalam kerangka hubungan buruh dengan pemodal/pengusaha. Buruh mengorganissir dirinya untuk memperkuat posisinya dalam perjuangan untuk Perjanjian Kerja Bersama [PKB] yang lebih baik untuk mempertahankan hak-hak dan kepentingan-kepentingan ekonominya kaum buruh. Serikat Buruh menyatukan kaum buruh dan memperkuat kesadarannya. Serikat Buruh juga adalah satu organisasi yang senantiasa mewakili kaum buruh secara permanen, Artinya serikat ini ditujukan untuk memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan kaum buruh sepanjang waktu. Bukan hanya di bentuk dan hidup disaat kaum buruh menghadapi masalah/kasus saja. Atau kalau lagi ada masalah baru saja yang dialami oleh kaum buruh. Serikat buruh mewakili dan melindungi kaum buruh tanpa diskriminasi/yang tidak membeda-bedakan berdasarkan pada suku bangsa, keturunan, kedudukan, jenis kelamin [laki-laki atau perempuan] dan agama. Siapapun diserikat buruh, baik anggota biasa dan ataupun pengurus/pimpinan mempunyai tanggung jawab kerja untuk kemajuan serikat.

Serikat pekerja dalam rangka membangun hubungan (kerja) industrial yang kondusif, serta proporsional dalam menjaga kepentingan pekerja sangat dibutuhkan karena mempunyai nilai strategis, yakni : Pertama, serikat pekerja untuk melindungi  pekerja dari ketidakmampuan dalam memperjuangkan aspirasinya secara individu, mengingat posisi pekerja sangat lemah. Kedua, serikat pekerja dibutuhkan sebagai motivator dalam membangun demokrasi, negoisator perundingan dan pelaku dalam menjaga kualitas kerja, seperti kondisi kerja serta syarat-syarat kerja (pengupahan, kesejahteraan, jaminan sosial, keselamatan dan kecelakaan kerja). Ketiga, serikat pekerja sebagai sarana komunikasi. Hal ini untuk mengoptimalkan peranan serikat pekerja yang berbeda dengan ketika organisasi belum terbentuk, di mana aspirasi individu kurang mendapat perhatian pengusaha. Keempat, peranan serikat pekerja untuk menciptakan ketenangan kerja, serta menetralisir anasir dari luar lingkungan perusahaan yang bisa mengganggu stabilitas produksi. (Djoko, 2012)

Apakah penting bagi para manajer asing di perusahaan internasional untuk membangun hubungan antara manajemen-buruh yang kuat? Jelaskan!

Manajemen dapat dipahami melalui dua definsi berikut ini yang pertama Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (Mary P. Follet) dan yang kedua Manajemen adalah pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan dari orang lain (George R. Terry). Berdasarkan definisi yang pertama manajemen merupakan sebuah proses yang melibatkan personel atau SDM dalam menyelesaikan pekerjaan organisasi untuk mencapai tujuannya, dan yang penting dari penegrtian di sini adalah mempekerjakan SDM menuntut seni tersendiri karena menyangkut keunikan dari setiap individu sebagai SDM. Keberhasilan manajer untuk membuat individu bergerak atau bertindak sesuai yang diharapkan membutuhkan pendekatan yang tepat sehingga mereka dapat bekerja mencapai prestasi. Manajemen dalam pengertian yang kedua lebih menekankan pada proses manajemen seperti yang diuraikan sebagai berikut : (Modul MSDM Marcubuana.ac.id)

v Planning, menentukan sasaran dan standar, aturan, prosedur, menyusun rencana dan membuat perkiraan.

v Organizing, memberi tugas spesifik kepada setiap bawahan, , membuat divisi, jalur wewenang, komunikasi, membagi wewenang dan mengkoordinasi pekerjaan.

v Staffing, menentukan tipe orang yang harus dipekerjakan, merekrut, memilih, menetapkan standar prestasi, memberi kompensasi, mengevaluasi prestasi, konseling, melatih dan mengembangkan karyawan.

v Actuating, mengarahkan karyawan, memotivasi dan mempertahankan semangat kerja.

v Controlling, menetapkan standar, (kuota penjualan, standar kualtas, tingkat produksi), memeriksa dan membandingkan prestasi yang dicapai dengan standar serta melakukan tindakan koreksi bila perlu.

Salah satu sumber daya yang paling penting bagi perusahaan adalah sumber daya manusia yaitu kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu, perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memnuhi kepuasannya. SDM  dapat juga diartikan sebagai manusia yang bekerja di lingkungan organisasi (personil, tenaga kerja, pekerja atau karyawan). Dalam pengertian yang lebih umum menyangkut peranan sumber daya manusia, SDM didefenisikan sebagai potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya. Maka dari itu membangun hubungan yang kuat antara pekerja lokal dengan manajemen yang diberlakukan sangatlah penting agar tujuan dari perusahaan yang telah diatur oleh manajer perusahaan. Walaupun terdapat perbedaan budaya antara pekerja dengan manajemen asing haruslah ada keselarasan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Masalah apa saja yang mungkin timbul sebagai konflik antara manajer asing dengan pekerja dalam negeri? (Shiddieq 2011 )

Selanjuntya, kembali dalam masalah konflik, penyebab lain yang dapat menimbulkan konflik (perselisihan hubungan industrial) menurut I Gusti Ngurah Gorda (1994 : 186) adalah:

  1. timbulnya suasana perbedaan-perbedaan yang tidak dapat dikendalikan
  2. adanya pihak yang merasa dirugikan
  3. perasaan yang sensitif

Efektifkah serikat buruh dalam mencapai kondisi kerja yang lebih baik? Apakah Anda mendukung para pekerja yang melakukan pemogokan (demo), atau apakah Anda berpikir bahwa mereka hanya membuang-buang waktu dan mengurangi produktivitas?

Adanya serikat buruh dalam mencapai kondisi kerja yang lebih baik cukup efektif, karena dengan adanya serikat buruh perusahaan dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan yang tergabung dalam serikat buruh tersebut, hanya dengan mencari tahu kepada perwakilan serikat buruh tersebut. Namun harus tetap diadakan pengawasan secara kontinu dari perusahaan terhadap karyawan. Agar karyawan tidak menyalahgunakan serikat buruh tersebut terhadap kegiatan negative terhadap perusahaan, misalnya menarik masa untuk melakukan pemogokan.

Peran serikat pekerja sangat penting bagi pekerja. Umumnya pekerja secara individual berada dalam posisi lemah dalam memperjuangkan hak-haknya, dengan menjadi anggota serikat pekerja akan meningkatkan bargaining baik secara individu maupun keseluruhan. Serikat pekerja dapat mengawasi (control) pelaksanaan hak-hak pekerja di perusahaan merupakan wadah atau sarana untuk memperjuangkan kepentingan pekerja. Pada beberapa kasus. serikat pekerja/serikat buruh bertujuan untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja/buruh dan keluarganya. Sejarah telah membuktikan bahwa peranan serikat pekerja dalam memperjuangkan hak anggotanya sangat besar, sehingga pekerja/buruh telah banyak merasakan manfaat organisasi serikat pekerja yang bersifat independen dan konsisten dalam memperjuangkan hak-hak buruh. Namun pada kenyataanya efektifitas dari serikat buruh tersebut tergantung pada bargaining position organisasi buruh itu sendiri. Seperti kasus yang terjadi di negara-negara berkembang dimana kebebasan berorganisasi bagi para buruh seperti terpasung. Hal tersebut berdampak pada tumpulnya suara buruh dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan.

Kami tidak mendukung apabila para pekerja melakukan pemogokkan, karena pemogokkan hanya akan membuang-buang waktu dan mengurangi produktivitas perusahaan sehingga akan berdampak pada reputasi perusahaan dimata investor dan konsumen. Sebaiknya jika ada perselisihan antara manajemen dan pekerja diselesaikan dengan cara musyawarah agar kedua belah pihak mengetahui keinginan masing-masing dan dapat menemukan jalan keluarnya yang menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini berkaitan dengan fungsi adanya serikat buruh yang dapat memoderatori pekerja dengan manajemen.


D
ampak dibentuknya serikat buruh terhadap perselisihan antara Negara tentang hukun tenaga kerja

Perselisihan antara negara tentang hukum tenaga kerja akan menurun apabila dibentuk serikat buruh internasional, hal tersebut dikarenakan buruh bisa menyalurkan aspirasi dalam bentuk saran maupun kritikan terhadap perusahaan memalui serikat buruh tersebut, sehingga dapat meminimalisir perselisihan.

Jika ditinjau dari tujuan terbentuknya International Labor Union yakni untuk meningkatkan keadilan sosial dan pengakuan internasional akan hak-hak asasi manusia dan buruh di seluruh dunia, rasanya perselisihan antar negara tentang hukum tenaga kerja akan berkurang. Hal tersebut dapat diminimalisir karena adanya rumusan standar buruh internasional dalam bentuk perjanjian dan rekomendasi yang menentukan standar minimun untuk hak-hak dasar tenaga kerja tentang kebebasan berkumpul, hak berorganisasi, tawar menawar kolektif, penghapusan tenaga kerja paksa, persamaan kesempatan dan perlakuan, dan standar-standar yang mengatur kondisi kerja.

PENUTUP

Serikat buruh dapat mencapai kondisi kerja yang lebih baik cukup efektif, karena dengan perusahaan dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan yang tergabung dalam serikat buruh tersebut, hanya dengan mencari tahu kepada perwakilan serikat buruh tersebut. Namun harus tetap diadakan pengawasan secara kontinu dari perusahaan terhadap karyawan. Agar karyawan tidak menyalahgunakan serikat buruh tersebut terhadap kegiatan negative terhadap perusahaan, misalnya menarik masa untuk melakukan pemogokan.

DAFTAR PUSTAKA

Soewono, Djoko Heroe. 2012. Jurnal Elektronik Universitas Kediri; PERAN SERIKAT PEKERJA DALAM MENCIPTAKAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI PERUSAHAAN. http://jurnal.unik-kediri.ac.id. [diakses pada Kamis, 23 Mei 2013]

Anonim. 2010. Apa Itu serikat Buruh dan Untuk Apa Srikat Buruh atau Gerakan Serikat Buruh. http://infogsbi.blogspot.com/. [diakses pada Kamis, 23 Mei 2013]

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar