Adsense Link 728 X 15;

Kompasiana

Posted by Sri Rejeki Sabtu, 08 Februari 2014 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300

Kompasiana


SANG PENYUSUN PUZZLE

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

PUZZLE atau lebih dikenal dengan nama bongkar pasang adalah sejenis permainan anak. Cara mainnya bisa mudah bisa pula rumit tak kepalang.

Dikatakan mudah, karna dalam permainan puzzle ini sudah ada blue print. Cetakan gambar jadi yg kemudian dibongkar dan disusun kembali. Si pemain tinggal meletakkan serpihan puzzle tersebut pada tempat yang semestinya.

Permainan puzzle makin rumit seiring meningkatnya level permainan. Tidak hanya varian yang beraneka, namun ritme waktu yang bergerak tambah cepat. Untuk itu dibutuhkan kecermatan, ketepatan dan kecepatan.

Menyusun puzzle tak ubahnya menyusun/mengurus sebuah negara. Dalam konteks ini yang diperlukan tidak hanya ketiga faktor diatas, melainkan juga keteguhan dan pengalaman dari sang penyusun. Seorang penyusun yang sukses dilevel dasar belum tentu akan berhasil dalam level berikutnya yang lebih tinggi. Sebaliknya, penyusun level atas seringkali gagal dan terjebak dalam penempatan asal-asalan dari serpihan puzzle. Kondisi ini kerap terjadi lantaran sang penyusun kurang berpengalaman, tidak menguasai lanskap permainan juga tidak teguh dalam menghadapi pressure disekitarnya.

Jika ini yang terjadi, puzzle tidak akan menemukan bentuknya kembali.  Dan inilah yang terjadi dinegara kita Indonesia. Problematika terbesar negara ini adalah salah urus. Para pemegang kebijakan tidak hanya kurang visioner, melainkan mereka juga sering terjerembab dalam pengambilan keputusan yang dilandasi politik "dagang sapi". Buntutnya, korupsi makin mengakar. saling silang sengkarut. sulit menemukan pejabat yang benar-benar bersih. Kalau toh ada pejabat yang tertangkap tangan, itu hanyalah masalah apes saja.

Dalam salah satu wawancara, mantan ketum MA, Mahfud MD pernah mengatakan, untuk sektor migas saja seandainya diurus secara benar, keuntungan yg diperoleh bisa membiayai setiap WNI sebesar 10 jt rupiah perbulan. Sebuah angka fantastis dari satu bidang migas saja.

Disinilah dibutuhkan sosok figur yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Ada banyak nama yang disodorkan. Diantaranya,

1. Abu Rizal Bakrie (Partai Golkar)

2. Prabowo Subianto (Partai Gerindra)

3. Wiranto (Partai Hanura)

4. Surya Paloh (Partai Nas Dem)

5. Rhoma Irama (PKB)

6. Hatta Rajasa (PAN)

7. Joko Widodo (PDI-P)

8.. Dahlan Iskan (Partai Demokrat)

Nomer 1-5 adalah produk orba. Minimal mereka pernah menjadi fungsionaris dan penyokong dari rezim orde baru.

ARB adalah bos dari perusahaan Bakrie Group. karir politiknya pernah menjadi Menko Kesra dan menjabat ketum partai golkar sampai sekarang. kelemahannya, masih terganjal kasus lumpur lapindo.

Prabowo, anak dari begawan ekonomi Sumitro Djoyohadikusumo. menantu Suharto. Rising star sebagai prajurit TNI. Mantan Danjend Kopassus. Namun tenggelam seiring peristiwa penculikan Trisakti.

Wiranto, mantan Pangab (Panglima TNI sekarang, red). berjasa besar tidak melakukan kudeta militer saat suksesi 97. Dua kali nyapres dua kali gagal.

Surya Paloh, lebih dikenal sebagai bos media (jaringan Metro TV). Belum apa-apa sudah berseteru dg mantan koleganya, Hary Tanoe Sudibyo.

Hatta Rajasa, selain sebagai Menko Perekonomian dan ketum PAN, selebihnya tidak begitu dikenal.

Rhoma Irama, sangat terkenal terutama sebagai penyanyi dangdut dan bintang film. pernah menjadi anggota MPR.

Jokowi, populer, media darling dan egaliter. Kini menjabat sebagai gubernur DKI. Posisinya sebagai capres masih mendat-mendut. belum ditetapkan secara resmi oleh partai yang mengusungnya. Sukses sebagai walikota solo, bisa mengantarnya ke ibukota, namun untuk jabatan RI one kapasitasnya masih dipertanyakan banyak kalangan.

Dahlan Iskan, inilah figur non partisan. Bukan dari kader partai. Meski posisinya sebagai capres dari partai Demokrat belum diputuskan,-menunggu hasil debat konvensi, namun banyak pihak yang meyakini Dahlan bakal keluar sebagai pemenang. Sosoknya yang sederhana dan merakyat, visioner dan bersih dg ditunjang semangat kerja yang luar biasa agaknya telah menyulut optimesme massif akan lahirnya indonesia yang baldatun thoyyibun wa rabbun ghofuur.

Ditangan bos Jawa pos ini -selama satu tahun- PLN di sulap menjadi perusahaan listrik yang bermartabat. Selama dua tahun masa kerjanya sbg MenBUMN, perusahaan2 plat merah tersebut telah menemukan benang merah dan menampakan bentuknya. Garuda melayang makin tinggi mensejajarkan diri dg Cathay Pasific. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) kita makin diperhitungkan lewat kolaborasi PT Dirgantara Indonesia dan PT. pindad.

Para petani (padi, tebu dan buah) makin bergairah seiring adanya jaminan pembelian ketika panen kelak. Infrastruktur dan alat transportasi publik makin marak dan sedap dipandang. Industri terbarukan digalakkan. putra putri bangsa makin mendapat tempat dan didorong lebih kreatif.

Pendeknya, ditangan dingin Dahlan Iskan carut marut kepengurusan negara (baca: BUMN) menemukan benang merahnya. Di jujur satu persatu, di susun pada tempatnya dan kini terlihat jelas gambarnya.

Dua bulan lagi kita akan memasuki fase yang akan menentukan wujud dari puzzle yang bernama Indonesia. Ada banyak nama yang bisa kita pilih untuk menjadi pemimpin punyusun puzzle ini. Sekali sal;ah pilih maka gambar yang kita idamkan makin buram dan jauh dari yang diharapkan.

Pilih mana wahai saudaraku….!!!

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Tahun 2102 Atau 88 Tahun Lagi, Indonesia Baru Punya Guru Baik?

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

Saat ini, jika berparameter pada hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) —yang pelaksanaannya belum bisa menyeluruh, alias disampling, kualitas guru Indonesia memang tidak baik.

Saat ini pula, Indonesia punya guru sekitar 2,9 juta.

Dan, per tahunnya yang pensiun dan kemudian diisi dengan yang baru ada sekitar 33.000 guru. (Lihat Muh. Nuh, Suara Merdeka: 16/1/2014: hal.9).

Jika diasumsikan penggantian guru baru sebagai guru berkualitas baik, maka dengan demikian Indonesia bakal punya guru baik dengan menunggu waktu 88 tahun lagi, yakni tahun 2102 Masehi. Pasalnya 2,9 juta dibagi 33 ribu sama dengan 88.

Hmmm…, benarkah?

Tentu tak segitunya simpel dan linier, pastinya, coy… Ada, bahkan banyak langkah-langkah cerdas akselerasi perbaikan terus menerus pada kualitas guru yang dapat kita tempuh, khan? Sebab, it is a matter of choice. He he. (KAM)***

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Jika Aku Memilih Aku Yang Lain

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

Rumah Sakit Jiwa siap Menunggu Caleg Stress

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

1391886607843465146

static6.com

Mendaftarkan diri menjadi salah satu Calon Legislatif di Indonesia memang tidak terlalu rumit. Tidak perlu ahli dalam bidang Politik, Hukum, Undang-Undang., Pendidikan atau bahakan penguasaan wawasan Nusantara. Bahkan tidak terlalu dipersoalkan jikapun tidak tahu berapa banyak Provinsi di Negara ini. Setidaknya demikian menurut UU No 8 tahun 2012 bab VII bagian 1 tentang persyaratan Calon Legislatif (Caleg) . Merebut salah satu kursi di perguruan tinggi negeri seakan lebih sulit persyaratannya dibandingkan menjadi Caleg. Maka tak mengeherankan berbondong-bondong orang yang ingin ikut meramaikan bursa Caleg pada pemilihan Legislatif April mendatang.

Semakin banyak Caleg yang mendaftar maka berbanding lurus juga dengan semakin sengitnya persaingan. Karena Pileg bukan ajang lomba Intelek ataupun pengalaman berkecimpung di dunia politik yang bisa dinilai Masyarakat Usia pemilih, atau dalam hal ini juga masyarakat usia pemilih tidak mau ambil pusing dengan mencari tahu sepak terjang para Caleg ini. Maka cara paling instan yang Caleg lakukan untuk menarik simpati masyarakat agar memilihnya adalah dengan memberikan servis kepada massa yang datang saat kampanye. Servis ini bisa berupa pemberian Beras gratis, Gula gratis, pulsa gratis pembukaan lahan tani gratis atau bahkan secara gamblang memberi uang yang diselipkan saat mendatangi kampanye. Ini sudah menjadi rahasia umum dan sudah dipandang sebagai usaha atau upaya Caleg dalam berkompetisi. Inilah yang menjadi syarat implisit/tersirat yang tidak tertulis pada Undang Undang , yakni menjadi Caleg berarti harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Bahakan salah satu anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo menyebut dana yang dibutuhkan Caleg jika benar-benar serius paling sedikit 1 Milyar. Harga ini memang sangat fantastis. Tetapi jangan ditanya mengapa masih saja sangat banyak orang yang mendaftar menjadi caleg. Tentu saja 1 Milyar tidak terlalu mahal mengingat kenikmatan yang akan di dapatkan saat memiliki Kursi di Senayan. Hak bersuara, kekuasaan, popularitas dan paling utama Gaji yang terbilang besar, belum lagi tunjangan-tunjangan dan berbagai proyek-proyek yang diurus nantinya. Maka bukan hal yang sulit bagi Caleg- Caleg ini mengembalikan uang 1 Milyar tersebut. Mengingat trend Korupsi sekarang, maka akan semakin singkat saja menggandakan 1 Milyar itu.

Kenikmatan yang terasa mudah dan sangat menjanjikan tersebut tentunya akan terwujud jika berhasil terpilih menjadi anggota Legislatif. Seperti biasa dalam kompetisi, ada yang kalah dan menang. Tak berbeda dengan Caleg ini, mereka juga kebanyakan akan gagal dan tentunya akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Caleg yang sudah tahan mental dan memang kaya raya mungkin hanya akan berakhir kekecewaan. Namun bagaimana dengan Caleg yang terlalu ambisius dan mendadak bangkrut dan dililit hutang karena modal menjadi Caleg? Mereka-mereka inilah yang kemungkinan besar akan terpuruk secara mendalam dan berujung pada kehilangan akal/kewarasan. Tidak terima dengan kerugian dan terlalu memimpikan kenikmatan tawaran jadi anggota dewan akan menyebabkan mereka ini berakhir di Rumah Sakit Jiwa. Ini bukan kasus baru lagi, semenjak Pemilu dilaksanakan penyebab orang menjadi penghuni Rumah Sakit Jiwa beratambah satu lagi, yakni karena Gajleg (Gagal Jadi Anggota Legislatif). Sehingga muncullah RSJ (Rumah Sakit Jiwa) yang sudah kusus bersiap menampung Caleg-Caleg stress ini.

Salah satunya RSJ Ernaldi Bahar di Palembang, Sumatera Selatan. Belajar dari pengalamannya pasca Pileg 2009, RSJ ini telah menyiapkan ruang khusus untuk calon-calon Caleg stress. Mulai dari ruangan biasa hingga VIP sengaja dialokasikan untuk Caleg. Ruangan tersebut sengaja dipisahkan dari penghuni RSJ biasa, agar menjaga ketenangan para Caleg Stress tersebut supaya tidak lebih parah.

Kemudian ada RSJ marzoeki Mahdi di Bogor, Jawa Barat. RSJ ini mengaku sangat siap menampung Caleg-Caleg stress untuk diperbaiki kejiwaannya. Sama dengan Ernaldi, RSJ ini juga telah menyiapkan ruang khusus dan VIP untuk para Caleg gagal pada Pemilu April nanti. Mulai dari stok ruangan, obat-obatan hingga psikiater sengaja dipersiapkan guna menyambut Caleg-Caleg gagal.

Kekalahan dalam suatu kompetisi seperti Pemilihan Legislatif (Pileg 2014) nanti tentunya hal yang seharusnya biasa bagi Caleg. Berani bertanding, pastinya harus berani untuk menang maupun kalah. Jika harus sampai menjual segalanya demi ambisi menjadi Caleg, ada baiknya diurungkan saja dahulu. Apabila mental belum siap untuk menghadapi kegagalan, maka dibatalkan saja dahulu. Jika tidak, maka RSJ di atas akan menjadi rumah selanjutnya bagi Caleg ini pasca Pileg. Alih-alih duduk di Senayan justru berbaring di Rumah Sakit Jiwa.

Referensi:

http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/01/05/185918

http://news.liputan6.com/read/821285/rs-marzoeki-mahdi-bogor-siap-sambut-caleg-stres?wp.trkn

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Fenomena Salju Di Negara Bersalju Arab

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

Gunung Tinggi Dengan Kota Dibawahnya
Mirip Kota Semarang Dan Ungaran Yang Bergunung

.

Mirip Perjalanan Kota Padang
Gunung  Di Kiri Dan Laut Di Kanan
Sekarang ini bulan February, saat musim dingin disemua negara negara di belahan bumi utara, termasuk negara negara Arab di Timur Tengah. Akan saya ajak anda jalan jalan ke negara negara bersalju di Timur Tengah. Bukan cerita fiksi dan juga bukan cerita dakwah hubungan salju Arab dengan hari kiamat, tetapi hanya cerita perjalanan wisata di negara negara bersalju di Arab Timur Tengah.  Mendengar istilah 'Timur Tengah' barangkali anda akan tersentak, 'kok di Timur Tengah ada Salju ?'. atau 'Kok di Arab ada Salju ?'. Ya jelas ada, Salju itu berasal dari bahasa Arab ثلج atau 'Saljii'.

.

Photo Ini Asli Di Arab
Tapi Kalau Tidak Dijelaskan Lokasinya Diatas Gunung
Semua Orang Akan Teriak 'Subhanallah Kiamat Sudah Dekat'
Musim Panas Gunung Ini Kering
Musim Dingin Jadi Ski Resort
Negara negara Arab / Timur Tengah jumlahnya lebih dari 30 negara tergantung darimana anda mengambil definisinya. Jumlah negara Middle East Country versi Liga Arab, akan beda dengan versi G8.  Middle East Country sendiri juga beda jumlah negaranya dengan Greater Middle East Country. Apalagi dibandingkan dengan  negara Jazirah Arab atau negara yang berbahasa nasional Arab atau negara negara yang tergabung dalam OIC (OKI). Semakin bingung anda karena jumlahnya berbeda beda. Dari sekian banyak negara Arab, beberapa diantaranya memiliki Salju dan Ski Resort. Celakanya, banyak orang Indonesia yang tidak tahu bahwa di Arab juga ada salju dan ski resort. Dalam bayangannya, Arab pasti gurun, kering kerontang dan panas.

.

Emangnya Photo Ini Diambil Di Eropa
Jelas Tidak, Photo Ini Di Ski Resort Lebanon
Kalau Musim Panas,
Nggak Mungkin Ada Salju

Photo photo dalam tulisan ini adalah pemandangan saat musim dingin di pegunungan negara negara Lebanon, Israel/Palestine, Syria dan ekor pegunungan berada di Jordan. Saya menyebut 'Negara' dalam tulisan ini, tapi harap jangan membayangkan luasnya seperti negara Indonesia. Israel/Palestina dan  Lebanon sangat kecil sekali, kira kira kalau di Indonesia setara dengan 2 atau 3 kabupaten saja. Syria dan Jordan memang lebih luas wilayahnya, tetapi daerah yang bergunung gunung tinggi luasannya relatif sama saja. Dan keempat negara tersebut dilalui pegunungan yang sama, tapi beda nama tergantung negaranya. Kalau terasa susah membayangkannya, kira kira seperti Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera yang membentang dari utara sampai selatan melalui beberapa propinsi. Di empat negara Arab tersebut juga membentang pegunungan tinggi dari utara ke selatan sampai Dead Sea. Lihat Google Earth/Map.

.

Negara Arab Dan Sahara Jumlahnya Lebih Dari 30
Beberapa Negara Punya Gunung Tinggi Dan Bersalju
Golan Height
Israel Di Kejauhan Sana,
Kalau Malam Kelihatan Lampu
Saat musim dingin seperti sekarang ini, gunung gunungnya banyak yang bersalju. Ski Resort dengan hotel hotel bintang lima disana panen pengunjung. Karena lokasinya di Arab, bukan merupakan fenomena aneh kalau pengunjungnya banyak yang memakai pakaian tradisional Arab saat bermain salju. Kira kira sama dengan penduduk papua yang memakai koteka saat bermain salju di Puncak Jaya, atau orang Papua pakai sarung main salju di Cartenz. Orang Arab kalau rekreasi memang masih tetap memakai pakaian tradisionalnya. Nggak usah terlalu heran kalau ada photo orang Arab pakai pakaian tradisionalnya main lempar lemparan salju atau ada onta di salju. Pasti sedang berada di pegunungan ini. Baca : Tempat Tempat Bersalju Dan Ski Resort Di Arab Dan Sahara

.

Proses Pembuatan Snowman, Eh Snowwomen Ding
Ini Salju Arab  Bulan February

.

Jauh dari Pegunungan Lebanon dan Golan Height ini juga ada  Pegunungan Atlas di Western Sahara - Afrika Utara. Kalau musim dingin juga bersalju dan ada ski resort disana. Negara negara di Sahara yang bersalju ini adalah Marocco, Tunisia dan Algeria. Tetapi tidak ada yang seheboh salju yang turun di kota Tabuk Saudi Arabia. Setiap tahun saat salju turun pertama kali dikota ini sekitar bulan Desember, koran koran di Indonesia dan penulis di internet hebohnya bukan main dan penuh dengan tulisan berjudul 'Fenomena Aneh'. Tetapi saat bulan February seperti sekarang ini, tidak ada satupun yang membuat tulisan tentang salju diatas Pegunungan Heejaz ini meskipun salju masih turun terus dan orang Arab masih bermain salju diatas gunung ditemani dengan ontanya. Bosen kaleee bikin tulisan heboh.

.

Gimana Hasil Akhirnya
Sexy Sekali Kan Snowwomen Kalau Bikinnya
Pakai Salju Arab

.

Baca Juga :

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Jadwal Ta’lim Salafy di Kota Makassar

Posted: 08 Feb 2014 11:35 AM PST

1391885552709420155
Bismillah.Berikut ini adalah jadwal Ta'lim di wilayah kota Makassar.

1. Kitab Al Qaulus Sadid (Syarah Kitab Tauhid) karya Syaikh Nashir As Si'di & 230 Kesalahan yg diremehkan karya Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad Alu Asy-Syaikh.

  • Pemateri: Ustadz Khidir bin Muhammad Sunusi
  • Tempat: Masjid Nurul Bahri, Jl.Galangan Kapal
  • Waktu: Selasa, Ba'da Maghrib- Isya.
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita.
  • Kontak: Iskandar 081342125277

2. Kitab Bahjatun Nadzirin (Syarah Riyadhus Shalihin) karya Syaikh Salim Al Hilaly.

  • Pemateri: Ustadz Abdul Qodir, Lc
  • Tempat: Masjid Al Lathif, Depan Perumahan Trika, Jl. Perintis Kemerdekaan VII, Tamalanrea.
  • Waktu: Rabu, Ba'da Maghrib- Isya.
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita.

3. Tafsir As' Si'dy (Juz 'Amma).

  • Pemateri: Ust Nashr Abdul Karim, Lc
  • Tempat: Masjid Nur Taqwa (sebelum Pasar Antang kalau dari arah PLTU Tello).
  • Waktu: Senin (malam selasa) Ba'da Magrib.
  • Peserta: Ikhwan.

4. Tafsir As-Si'di (Juz 'Amma).

  • Pemateri: Ustadz Khidir bin Muhammad Sunusi.
  • Tempat: Masjid Jl. Cakalang III .
  • Waktu: Jum'at (malam sabtu), Ba'da Maghrib.

5. Kitab Aqidah Lum'atul 'ittiqaad karya Ibnu Qudamah Al-Maqdisi Rahimahullah & Kitab  Fikih Al-Wajiz fi Fiqhis Sunnati wal Kitabil 'Aziz karya Abdul-'Azhim bin Badawi.

  • Pemateri: Ustadz Azhari Asri.
  • Tempat: Masjid Al Lathif, Depan Perumahan Trika, Jl. Perintis Kemerdekaan VII, Tamalanrea.
  • Waktu: Sabtu, Ba'da Ashar.
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita.
6. Pembahasan Kisah-kisah para Nabi dan Pembahasan Adab.
  • Pemateri: Ustadz Sanusi Daris.
  • Tempat: Rumah H.Ilham (Antang)
  • Waktu: Ahad, Ba'da Dhuhur.
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita.

7. Pembahasan Kitab Riyadhussholihin.

  • Pemateri: Ustadz Luqman Jamal, Lc
  • Tempat: Masjid Babul Muttaqin, Dampang Bira, Antang ( Sekitar 1 Km Dari SMAN 13 Makassar)
  • Waktu: Selasa, Ba'da Maghrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki

8. Pelajaran Tartil Qur'an, ilmu Tajwid dan Bahasa Arab

  • Pemateri: Ustadz Aliadin
  • Tempat: Rumah H.Ilham ( Jl. Antang Raya)
  • Waktu: Ahad, jam 10.00-dzhuhur
  • Peserta: Akhwat/ wanita

9. Pembahasan kitab, Tarbiyatul Abna'

  • Pemateri: Usatdz Sanusi Daris
  • Tempat: Madrasah Al-Bayyinah Jl. Racing centre
  • Waktu: Setiap bulan pekan pertama , jam 10.00
  • Peserta: akhwat

10. Pembahasan "50 Hadits Pondasi Islam Syarah Arbain An-Nawawyah dan Takmilah Ibnu Rajab Al-Hambaly"

  • Pemateri: Ustadz Dzulqarnain M. Sunusi (Pengasuh Mahad As-Sunnah Makassar)
  • Tempat: Di Mahad As-Sunnah jln. Baji rupa No.8 Makassar
  • Waktu: Setiap Jumat Ba'da 'Ashar
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

11. Kisah Shahabat Nabi Muhammad Shallallahu 'alayhi wa Sallam

  • Pemateri: Usatdz Sanusi Daris
  • Tempat: Rumah Akh Iwan (Dekat Masjid Jami Rappokalling)
  • Waktu: Sabtu (Malam Ahad) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita
  • Kontak: Iskandar 081342125277

12. Pembahasan kitab Syarah Arbain Nawawiyah

  • Pemateri: Ust. Nashr 'Abdul Karim, Lc.
  • Tempat: Masjid Jannatul Iman, Jalan Borong Indah (Jalan Poros Perumahan Puri Tamansari, Dekat Perumahan Pegawai Gubernuran)
  • Waktu: Sabtu (Malam Ahad) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

13. Pembahasan Kitab Tauhid

  • Pemateri: Ust. Mustamin, Lc.
  • Tempat: Masjid Jannatul Iman, Jalan Borong Indah (Jalan Poros Perumahan Puri Tamansari, Dekat Perumahan Pegawai Gubernuran)
  • Waktu: Ahad (Malam Senin) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

14. Kitab Umdatul Ahkam (Imam 'Abdul Ghani Al-Maqdisi -rahimahullah)

  • Pemateri: Ust Dzulqarnain M sunusi
  • Tempat: Masjid/Pesantren As-Sunnah, Jl Baji Rupa No.8 Makassar.
  • Waktu: Senin (Malam Selasa) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

15. Kadiah dalam Memahami Tauhid & Membedakannya dengan Kesyirikan (Pembahasan Al-Qawaidul Arba', Syaikh Muhammad At-Tamimi An-Najdi)

  • Pemateri: Usatdz  Khidir M. Sunusi
  • Tempat: Masjid Al-Ihsan, Jln Sultan Alaudin III, (di Belakang SPBU / dekat Indo Maret)
  • Waktu: Selasa ( ba'da ashar)
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

16. Kitab Tsalatsatul Ushul (3 Landasan dalam Beragama), Syaikh Muhammad At-Tamimi An-Najdi -rahimahullah

  • Pemateri: Ust Nashr 'Abdul Karim, Lc
  • Tempat: Masjid Babut Taubah, Jl Sultan Alauddin II, Lr 2, Kota Makassar (Masuk lewat Depan Kantor LAPAS Makassar).
  • Waktu: Rabu (Ba'da 'Ashar)
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

17. Tafsir

  • Pemateri: Ust Dzulqarnain M sunusi
  • Tempat: Masjid/Pesantren As-Sunnah, Jl Baji Rupa No.8 Makassar.
  • Waktu: Rabu (Malam (Kamis) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki & Akhwat/ wanita

18. Pembahasan Kitab Tauhid

  • Pemateri: Ust Shobaruddin
  • Tempat: Rumah Akh Iwan (Dekat Masjid Jami' Rappokalling)
  • Waktu: Kamis (Malam Jum'at) Ba'da Magrib
  • Peserta: Ikhwan/ laki-laki
  • Kontak: Iskandar 081342125277

Sumber: http://knowledgemuslim.blogspot.com/2012/03/bismillah.html

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar